Para Senator Dukung Persiapan Tuan Rumah PON XXI 2024

Para Senator Dukung Persiapan Tuan Rumah PON XXI 2024
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis menerima kunjungan Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di ruang rapat Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis menerima kunjungan Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di ruang rapat Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (27/9).

Dalam pertemuan tersebut, para senator mempertanyakan sejauh mana kesiapan Sumut menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 bersama Aceh, sekaligus menyatakan komitmen dukungan.

Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis pun memaparkan seputar persiapan PON XXI 2024 yang akan datang, setelah PON XX 2021 Papua saat ini. Di antaranya dengan rencana pembangunan Sport Center (Pusat Olahraga) yang akan diisi berbagai fasilitas untuk pertandingan/perlombaan cabang olahraga yang digelar di provinsi ini.

“Sumut adalah tuan rumah pertama PON di luar Pulau Jawa. Kita menjadi tuan rumah pada PON III tahun 1953. Untuk itu Sumatera Utara berencana membangun fasilitas olahraga yang ada di Desa Sena, dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu seluas 300 hektare,” ujar Sekdaprov Afifi Lubis didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor dan para Pengurus Provinsi (Pengprov) beberapa cabang olahraga (Cabor).

Rencana tersebut ingin menjadikan fasilitas olahraga yang ada di Sumut berkelas Internasional. Sehingga nantinya, kata Afifi, Indonesia punya kompleks olahraga selain Gelora Bung Karno di Jakarta dan Kompleks Stadion Jakabaring Sumatera Selatan. Sebagaimana rencana Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuat sesuatu yang luar biasa di provinsi ini.

“Bagi kami, tentu peran DPD RI sangat besar untuk mendorong upaya kami menyiapkan PON XXI. Jadi bagaimana kami ‘siap tempur’ untuk itu, karena memang pemimpin kami ‘tukang tempur’ (mantan TNI),” sebut Afifi.

Menanggapi itu, Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni bersama Wakil Ketua I Dedi Iskandar Batubara dan para anggota lainnya menyampaikan komitmen dan dukungan senator untuk mendorong agar bagaimana PON XXI Sumut-Aceh 2024 nantinya bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Kami hadir karena Sumut-Aceh rencananya menjadi tuan umah PON XXI 2024. Kami tentunya mendukung pelaksanaan PON ini, bagaimana agar bisa lebih baik. Karena itu kami perlu tahu bagaimana rencana dan persiapan tuan rumah, khususnya Sumut,” sebut Sylvi.

Senada dengan itu, Wakil Ketua I Komite III DPD RI, Dedi Iskandar Batubara yang juga merupakan senator asal Sumut, turut menjadi pendorong utama agar fasilitas Sport Center dapat dibangun dan bisa dipergunakan nantinya pada perelatan olahraga tingkat nasional tersebut.

“Saya tentu sebagai wakil daerah, juga wakil dari pemerintah daerah (Pemprov), meminta dukungan teman-teman DPD RI. Karena Sumut baru sekali jadi tuan rumah PON, tahun 1953. Jadi wajarlah tahun ini kita persiapkan pelaksanaannya di Sumut. Insya Allah, kita akan bersama Pemprov Sumut dan seluruh pemangku kepentingan untuk lakukan penguatan-penguatan supaya kita jauh lebih siap menjadi tuan rumah,” jelas Dedi.

Usai berdikusi dan tanya jawab, rombongan Komite III DPD RI pun menerima cendera mata berupa plakat dan ulos, sebelum bertolak ke Bandara untuk kembali ke Jakarta.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi