Setelah 9 Hari Letusan, Lahar Gunung La Palma Mencapai Laut

Setelah 9 Hari Letusan, Lahar Gunung La Palma Mencapai Laut
Lava terlihat dan asap mengepul setelah letusan gunung berapi, di Pelabuhan Tazacorte, di Pulau Canary La Palma, Spanyol, 28 September 2021. Gambar diambil dengan drone. (Reuters/Nacho Doce)

Analisadaily.com, Spanyol - Lahar merah panas dari gunung berapi yang menghancurkan pulau La Palma di Spanyol mencapai Samudra Atlantik pada Selasa (28/9) malam, sembilan hari setelah mulai mengalir menuruni gunung, menghancurkan bangunan dan menghancurkan tanaman.

Awan besar uap putih mengepul dari daerah Playa Nueva saat lahar melakukan kontak dengan laut, menurut gambar Reuters. Foto-foto yang dibagikan di media sosial menunjukkan lava menumpuk di dekat tebing.

Lahar yang mengalir ke laut dapat memicu ledakan dan awan gas beracun dan layanan darurat Kepulauan Canary mendesak mereka yang berada di luar ruangan untuk segera menemukan tempat yang aman untuk berlindung. Tidak ada cedera yang dilaporkan.

"Ketika lahar mencapai laut, penguncian harus dipatuhi dengan ketat," kata Direktur komite respons Pevolca, Miguel Angel Morcuende dilansir dari Reuters, Rabu (29/9).

Lava telah mengalir di sisi barat gunung berapi Cumbre Vieja menuju laut sejak 19 September, menghancurkan hampir 600 rumah dan perkebunan pisang di La Palma, yang bertetangga dengan Tenerife di kepulauan Canary Islands di lepas pantai Afrika Utara.

Ribuan orang telah dievakuasi dan tiga desa pesisir dikunci pada Senin untuk mengantisipasi pertemuan lahar di Samudra Atlantik.

Spanyol mengklasifikasikan La Palma sebagai zona bencana pada hari Selasa, sebuah langkah yang akan memicu dukungan keuangan untuk pulau itu.

Pemerintah mengumumkan paket pertama 10,5 juta euro ($ 12,3 juta), yang mencakup sekitar 5 juta euro untuk membeli rumah, dengan sisanya untuk memperoleh furnitur dan barang-barang rumah tangga penting, kata juru bicara pemerintah Isabel Rodriguez.

Seorang warga yang dievakuasi minggu lalu dari desa Tacande de Arriba senang menemukan rumahnya masih berdiri dan kucing peliharaannya tidak terluka.

"Perasaan yang bagus, perasaan yang fantastis," kata Gert Waegerle, 75, yang melarikan diri dari lava yang bergerak maju dengan lima kura-kuranya pada hari Jumat tetapi harus meninggalkan kucing-kucing itu.

"Saya sangat senang karena pada akhirnya, semuanya baik-baik saja," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi