Dari Lapangan Ladon Griya Sejarah Rugby Sumut Dimulai

Dari Lapangan Ladon Griya Sejarah Rugby Sumut Dimulai
Ketua Dewan Pembina Rugby Sumut, Tia Ayu Anggraini didampingi Ketua Pengprov Rugby Sumut H. Andi Harahap beserta pengurus membuka latihan perdana rugby Sumut di Lapangan Sepakbola Ladon Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tanggal 7 Oktober 2021 merupakan hari bersejarah bagi olahraga rugby di Sumatera Utara, pasalnya, pada hari itulah, latihan perdana olahraga rugby Sumatera Utara digelar di Lapangan Ladon Griya.

Lapangan Sepakbola Ladon Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan seolah saksi bisu lahirnya olahraga rugby di Sumatera Utara. Karena di lapangan itulah pertama kalinya rugby menggelar latihan. Latihan perdana ini akan menjadi sejarah bagi perjalanan rugby di Sumut.

Salah satu momen terbaik pada hari itu adalah saat seluruh pengurus rugby Sumut bertemu langsung dengan para pemain rugby Sumut baik putra maupun putri.

“Ini menjadi sejarah bagi kita semua, baik sebagai pengurus maupun sebagai calon atlet dan pelatih. Kami menjadi pengurus pertama rugby dan adik-adik sekalian adalah pemain rugby pertama di Sumut. Ini merupakan kado terindah bagi kita ketika nanti sudah menjadi kakek dan nenek,” kata Ketua Pengprov Rugby Sumut, H Andi Harahap pada acara itu.

Bersama Sekretaris Rugby Sumut, M Akhiruddin Nasution, dan Bendahara Rugby Sumut, Darwis Halomoan Harahap, serta para pengurus lainnya, H Andi Harahap memberikan motivasi kepada para pemain rugby Sumut sebelum dan sesudah latihan perdana itu.

Ketua Rugby Sumut berharap para pemain memanfaatkan latihan perdana ini sebagai sarana saling kenal dan menjalain persaudaraan dan meningkatkan prestasi.

"Sesama pemain kita harus bisa membawa Sumut meraih prestasi," kata Andi Harahap.

Ia mendorong para pemain rugby Sumut untuk mempersiapkan diri menjadi pemaian profesional sehingga kelak bisa tampil di level regional maupun nasional.

“Dari lapangan ini mari kita tanamkan mimpi kita untuk meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Kita semua harus bisa mencatatkan sejarah lewat olahraga rugby ini,” katanya.

Melengkapi keistimewaan pada latihan perdana itu, hadir Ketua Dewan Pembina Tia Ayu Anggraini yang juga anggota DPRD Sumut.

Tia Ayu juga memberikan juga motivasi kepada pengurus dan pemain Rugby Sumut agar memiliki tekad dan semangat yang kuat membesarkan rugby di Sumut.

Ia berjanji memberikan dukungan penuh kepada pengurus rugby Sumut terus mengembangkan olahraga rugby ini.

"Rugby Sumut harus berkembang hingga ke pelosok desa Sumatera Utara,” katanya.

Sementara itu, dan Bendahara Rugby Sumut, Darwis Halomoan Harahap mengaku optimis olahraga rugby akan berkembang pesat di Sumut. Meski keberadaannya baru seumur jagung, rugby akan mampu menjadi olahraga yang memberikan prestasi.

Rugby merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik ini pertama kali muncul pada tahun 1823.

Seiring berjalannya waktu, popularitas rugby makin meroket hingga merambah negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia serta Sumatera Utara saat ini.

“Untuk mencari bibit atlet, kami akan masuk ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus. Kami mengadakan kerja sama dengan pihak terkait untuk program sosialisasi ini,” ujarnya.

Bahkan, pengurus, tengah mencari sponsor guna mempercepat perkembangan rugby di Sumut.

Dalam setiap pertemuan dengan pihak terkait, katanya, pengurus selalu melakukan sosialisasi memberi wawasan sekaligus pengenalan secara mendalam terhadap olahraga rugby.

“Hasilnya pun cukup signifikan. Banyak yang tertarik dengan olahraga ini. Baik putra maupun putri,” katanya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi