Kontak dengan Pasien Covid-19, Polsek Kota Kisaran Terapkan 3T

Kontak dengan Pasien Covid-19, Polsek Kota Kisaran Terapkan 3T
Tim PPKM melakukan pemeriksaan 3T kepada warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19, Senin (11/10). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Kepolisian Sektor Kota Kisaran melakukan Tracing, Testing dan Treatment kepada orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Kemarin ada satu orang warga Kecamatan Kisaran Barat yang terkontaminasi Covid-19, maka dari itu kita lakukan 3T. Ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona," kata Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira, Senin (11/10).

Prosesnya melibatkan tim Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang bergerak menuju sasaran di Lingkungan II Kelurahan Sei Rengga, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.

"Langkah 3T ini dilakukan untuk mencegah, mendeteksi dan menangani penyebaran virus corona di lingkungan permukiman masyarakat," jelas Putu.

Kata dia, untuk yang dilakukan test antigen sebanyak 33 orang, diantaranya orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19 seperti keluarga maupun tetangga dan semua hasilnya negatif.

"Semua yang kita tes hasilnya negatif," ujarnya.

Tim juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat mengenai PPKM level 2, bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Terutama, kluster keluarga dan permukiman masyarakat.

"Kiat juga tidak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan baik itu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas," terangnya.

Sampai sejauh ini, pemerintah bersama instansi terkait terus berupaya menekan angka penularan Covid-19 diantaranya mengimbau pentingnya protokol kesehatan, juga menjalankan program percepatan vaksinasi.

"Program vaksinasi tersebut terus diperluas, salah satunya untuk para pelajar, tentunya bisa berjalan dengan baik atas dukungan semua pihak dan semua pihak diingatkan untuk tetap disiplin protokol kesehatan meskipun sudah divaksin," tegasnya.

Suwandi, yang kontak dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19 mengapresiasi langkah petugas PPKM yang selalu siap untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan 3T.

"Kita apresiasi langkah petugas yang bekerja sangat cepat dalam melakukan 3T kepada warga yang bersentuhan erat dengan pasien Covid-19, dan saat ini kami disarankan oleh petugas untuk melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi