Perdana, Kementerian Pertanian Lepas Ekspor Pakan Ternak Asal Sumut

Perdana, Kementerian Pertanian Lepas Ekspor Pakan Ternak Asal Sumut
Kementerian Pertanian lepas ekspor pakan ternak asal Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan bersama Direktorat Jendral Bea Cukai Belawan melepas ekspor perdana pakan ternak milik PT New Hope Medan.

Sebelumnya, pakan ternak milik pelaku usaha ini masih seputar pasar dalam negeri atau domestik, dan kini untuk pertama kalinya sebanyak 40 ton dengan nilai US 21,8 ribu atau Rp 316 juta, tembus pasar internasional, menuju negara Singapura.

“Sebelum Health Certificate (HC-red) diterbitkan, Karantina Pertanian Belawan melakukan tindakan karantina, yaitu pemeriksaan fisik dan kesesuaian dokumen administrasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberterimaan komoditas pakan ternak di negara tujuan,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto, Jumat (15/10).

Andi menambahkan, pihaknya melakukan pendampingan kepada pelaku usaha sebelum mengekspor.

"Meskipun selama ini beberapa jenis komponen bahan baku pakan kita masih impor, namun PT New Hope Medan berhasil meramu menjadi produk pakan unggas dengan kualitas ekspor yang memenuhi persyaratan pasar di Singapura dengan komposisi kandungan bahan lokal mencapai 70%, dan ini merupakan eksportir pertama yang mengekspor pakan ternak dari Sumatera Utara melalui pelabuhan laut Belawan," lanjut Andi.

Dalam mendukung program strategis Kementerian Pertanian, meningkatkan ekspor pertanian dalam Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor, Karantina Pertanian Belawan selaku koordinator program di Sumut terus aktif melakukan sinergisitas.

Sumut memiliki potensi komoditas ekspor dari sektorpertanian dan perkebunan, Karantina Pertanian Belawan optimistis untuk dapat meningkatkan ekspor komoditas pertanian. Tentunya selalu bersinergi dengan pemangku kepentingan.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang, mengapresiasi ekspor perdana pakan ternak dari Sumut. Dan selaku koordinator gugus tugas Gratieks secara nasional, seluruh jajarannya memberikan pendampingan pemenuhan persyaratan teknis ekspor pertanian.

Kedepannya ekspor pakan ternak ini semakin meningkat permintaannya hingga negara tujuannya. Pesona komoditas pertanian lain jugai mulai terus bertumbuh.

"Semangat ekspor harus terus kita dorong dengan kepada para calon eksportir yang ada di daerah masing-masing agar geliat ekspor semakin meningkat,’’ tutup Bambang.

Pada moment pelepasan ekspor perdana pakan ternak ini di hadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Belawan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi