BBM Langka, Polda Sumut: Ada Keterbatasan Stok di Depot Pertamina

BBM Langka, Polda Sumut: Ada Keterbatasan Stok di Depot Pertamina
Dirreskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol. John Carles Edison Nababan (kanan) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Polda Sumatera Utara memastikan kelangkaan BBM di Sumatera Utara bukan karena penimbunan minyak.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol. John Carles Edison Nababan, mengatakan hasil dari penelitian tim di lapangan, tidak ditemukan indikasi penimbunan BBM.

"Sementara hasil penyelidikan kami tidak ada penimbunan. Setelah kami lihat di Belawan memang stok BBM nya kami lihat terbatas. Hal tersebut karena adanya keterbatasan stok di depot Pertamina," kata Carles usai bertemu pihak Pertamina di Mapolda Sumut, Sabtu (16/10).

Carles menuturkan bahwa dari hasil koordinasi dengan pihak Pertamina, penyebab kosongnya BBM dikarenakan masalah teknis di lapangan.

"Hasil koordinasi kami, adanya keterlambatan kapal tanker dari Singapura karena teknis lapangan," ucapnya.

Jhon Carles menambahkan bahwa saat ini sudah ada tiga kapal tanker yang membawa BBM bersandar di Pelabuhan Belawan. Nantinya BBM yang ada di kapal tanker akan segera didistribusikan.

"Ada tiga kapal yang mengalami keterlambatan yakni Bintang Samudera, kapal Champion dan kapal Rosadini. Mudah-mudahan ke depannya akan stabil keberadaan BBM di wilayah Medan dan sekitarnya," tambahnya.

Untuk diketahui, sejak dua pekan terakhir, kekosongan BBM di beberapa SPBU Kota Medan masih terus terjadi. Kekosongan BBM tersebut bervariasi, mulai Pertalite, Solar, Pertamax, bahkan ada SPBU yang sama sekali habis untuk semua jenis BBM.

Tidak hanya BBM jenis Pertalite Solar, Pertamax, bahkan jenis Bio Solar juga terlihat kosong. Akibatnya, antrean panjang kendaraan bermotor seperti di SPBU menyebabkan kemacetan.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi