Ingin Profesional menjadi Kasir? Berikut Ini Tips Terbaiknya

Ingin Profesional menjadi Kasir? Berikut Ini Tips Terbaiknya
Foto ilustrasi kasir (Majoo.id)

Analisadaily.com, Jakarta - Tanggung jawab seorang kasir terhadap transaksi penjualan dan menghitung uang bukanlah hal yang sepele. Kesalahan sedikit bisa menimbulkan minus, belum lagi jika setiap transaksi jumlahnya besar dapat merugikan.

Untungnya kini tersedia aplikasi kasir versi Android Majoo yang memudahkan kasir melakukan transaksi secara detail. Selain itu bisa juga digunakan di android sehingga lebih fleksibel. Transaksi tercatat dengan detail, selama kasir tidak salah input.

Selain menggunakan aplikasi Majoo agar mudah, seorang kasir juga harus bekerja dengan lebih teliti. Simak apa saja tips menjadi kasir agar lebih profesional.

Tips Bekerja sebagai Kasir agar Tidak Minus

Ketelitian selalu menjadi skill nomor satu yang harus dipertimbangan pemilik bisnis ketika merekrut seorang kasir. Kecerobohan hanya akan menimbulkan kerugian pada bisnis begitu pula orang yang bekerja sebagai kasir.

Biasanya kasir di sebuah perusahaan besar harus bertanggung jawab dengan mengganti uang ketika terjadi selisih. Meskipun pekerjaan sebagai seorang kasir memiliki resiko tinggi bukan berarti kerugian yang diberikan cukup banyak.

Selama bisa teliti maka pekerjaan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan karena tidak terlalu sulit. Berikut ini tips supaya bisa menjadi kasir profesional yang bebas dari minus.

1. Menguasai SOP sebagai Kasir

Setiap lini bisnis memiliki SOP berbeda-beda termasuk untuk pekerjaan seorang kasir. Mengenali dan menguasai SOP ini akan membantu Anda untuk bisa bekerja dengan rutinitas yang berkelanjutan.

SOP diciptakan untuk meminimalisir kesalahan sehingga Anda pun akan terhindar dari masalah minus. Biasanya SOP kasir dimulai dari cara berpakaian, menjaga kebersihan area atau meja kasir, greeting bahkan waktu untuk closing.

2. Menguasai Aplikasi Kasir

Seorang kasir harus memiliki keterampilan mengoperasikan komputer yang berbasis aplikasi. Apalagi jika menggunakan aplikasi kasir seperti Majoo. Bagaimana cara untuk memasukan produk, promo sampai dengan bagaimana cara print nota transaksi.

Aplikasi Majoo memiliki tampilan yang sederhana sehingga siapa saja bisa dengan mudah mengoperasikannya. Baik itu kasir baru atau bahkan yang sudah berpengalaman sekalipun. Majoo bahkan menyediakan fitur lengkap yang memudahkan penghitungan.

3. Tenang dan Tidak Gugup

Pertama kali menjadi seorang kasir tentu rasa gugup ketika melayani konsumen mungkin saja terjadi. Jangan sampai perasaan gugup Anda justru menguasai, karena hal ini justru membuat kesalahan sering terjadi.

Tetap tenang untuk menghitung dan memasukan nama produk yang dibeli pada aplikasi kasir. Tidak perlu terburu-buru bahkan ketika antrian sedang panjang. Triknya adalah fokus pada konsumen yang ada di depan dan jangan melihat ke panjangnya antrian.

Anda yang bekerja sebagai kasir tentu akan dibantu oleh supervisor secara langsung. Bahkan mungkin akan dibuka konter kasir lain sehingga mengurangi antrian.

4. Jangan Salah Memilih Metode Pembayaran

Selisih paling sering terjadi ketika Anda salah memilih metode pembayaran. Sehingga ketika menghitung uang tunai yang harus disetorkan Anda merasa bingung karena pembayaran kurang. Padahal mungkin saja pembayaran yang digunakan justru menggunakan kartu.

Sebaiknya tanyakan selalu apa metode pembayaran yang akan dipilih oleh konsumen. Baru setelah itu Anda menekan menu metode pembayaran yang tersedia pada aplikasi. Dengan cara ini Anda akan meminimalisir kesalahan.

5. Hitung Ulang Uang sebelum Setor

Pada akhir shift seorang kasir harus menyetorkan uang hasil transaksi kepada supervisor, manajer atau bahkan bagian akuntansi. Sebagai kasir yang profesional Anda tidak boleh terburu-buru menyetorkan uang.

Hitung kembali uang tunai dan juga struk pembayaran dari EDC secara terperinci. Khususnya untuk Anda yang bekerja di kasir pada bisnis retail. Jika perlu hitungulang dan jangan lupa catat sebelum setor.

6. Cek Ulang Ketika Mengetik Nominal pada Mesin EDC

Ketelitian bukan hanya saat mengoperasikan aplikasi kasir tetapi juga mesin EDC. Beberapa kasir mungkin saja salah menekan nominal pada mesin EDC. Salah memberikan tambahan angka satu digit bisa memberikan kerugian besar pada konsumen.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan ini, maka akan lebih baik untuk mengecek ulang nominal dan menunjukkan angkanya pada konsumen. Baru setelah itu konsumen menekan PIN dan transaksi diselesaikan.

Menjadi seorang kasir memang bukan pekerjaan mudah, namun selama Anda bisa teliti dan profesional masalah minus tentu tidak jadi halangan.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi