Pemkab Palas Habiskan Rp 5,8 Miliar untuk Sewa Mobil Dinas

Pemkab Palas Habiskan Rp 5,8 Miliar untuk Sewa Mobil Dinas
Sejumlah Mobil terlihat parkir di depan Kantor OPD Pemkab Palas. Tahun ini Rp 5,8 miliar dihabiskan Pemkab Palas untuk sewa mobil kendetaan dinas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menghabiskan uang kurang lebih Rp 5,8 miliar untuk belanja sewa atau rental kendaraan dinas pribadi tahun 2021.

Anggaran Rp 5,8 miliar ini adalah untuk belanja sewa kendaraan dinas sebanyak 45 unit selama 1 tahun. Dari data yang diperoleh di website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Padanglawas, Harga Perkiraan Sementara (HPS) senilai Rp 5,8 miliar bernama Belanja Sewa Sarana Mobil Dinas Darat.

Dari Website LPSE telah ditetapkan sebagai pemenang lelang yaitu CV Indonesia Perkasa dari Medan. Pengadaan sewa mobil dinas pribadi ini tercatat dalam kode lelang 253966 B 2021.

Kepala BPKAD Palas, Yenny Nurlina Siregar, melalui Kabid Aset, Manik mengatakan, anggaran sewa mobil dinas tersebut berasal dari APBD 2021. Manik mengakui, kondisi kendaraan dinas saat ini sudah berumur dan rusak.

“Pagu anggarannya saya lupa, tapi yang jelas jumlahnya 45 unit, lebih lengkapnya hubungi saja Ihsan sebagai PPK pengadaan,” kata Manik, Senin (8/11).

Disebutkannya, memilih untuk sewa kendaraan lantaran sudah sesuai dengan pertimbangan. Sebab, sewa kendaraan dianggap lebih murah dan efektif. Serta tidak perlu anggaran pemeliharaan, samsat, suku cadang, dan lainnya.

“Sehingga tinggal memakai barang siap pakai yang sudah bagus tanpa tambahan biaya lain, kecuali BBM,” bebernya.

Terpisah, Ihsan Helmi, selaku Kasubag Program BPKAD sekaligus sebagai PPK belanja sewa mobil dinas, mengatakan, jenis mobil baru yang disewa per tahun ini dimenangkan oleh CV Indonesia Perkasa.

“Iya pemenangnya CV Indonesia Perkasa dari Medan,” kata Ihsan.

Ihsan juga mengatakan, jenis mobil baru yang disewa tahun ini berjumlah 45 unit dengan jenis mobil Innova, SUV dan MPV. Semua jenis mobilnya Toyota.

Lantas bagaimana jika mobilnya terjadi kerusakan atau hendak servis dan ganti oli? Ke mana mobilnya harus dibawa? Ihsan mengatakan, setiap bengkel resmi mobilnya bisa diservis.

“Di Padanglawas memang belum ada bengkel resminya, ini kan mobil baru, jadi bengkel resminya ada tapi di daerah lain,”jelas Ihsan.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi