Tugu Lubuk Pakam Dikembalikan Pada Ornamen Semula

Tugu Lubuk Pakam Dikembalikan Pada Ornamen Semula
Tugu Lubuk Pakam (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Tugu Lubuk Pakam dari ornamen mahligai melayu sempat diganti menjadi patung burung elang. Kini tugu yang berada di bundaran simpang empat Kelurahan Cemara, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, dikembalikan pemerintah pada ornamen semula.

Informasi diperoleh Analisadaily.com dari warga sekitar, patung elang itu diturunkan Senin (8/11) dini hari menggunakan crane.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Deli Serdang, Heriansyah Siregar, membenarkan bahwa pihaknya melakukan penggantian patung elang menjadi bentuk atap rumah yang lama.

Sebelumnya penggantian ornamen di atas tugu bundaran itu menjadi patung elang mendapat sorotan dari Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) serta pemberitaan dari beberapa media.

Ornamen di atas tugu bundaran itu memiliki filosofi dan narasi yang kuat bahwa Lubuk Pakam yang merupakan ibukota Kabupaten Deli Serdang memiliki historis dengan kerajaan Melayu Serdang.

Penggantian patung elang oleh pihak yang belum diketahui itu tidak sesuai karena dinilai tidak berkaitan dengan historisnya.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi