Seni Sebagai Penunjang dan Potensi Pembuka Lapangan Kerja

Seni Sebagai Penunjang dan Potensi Pembuka Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Pengembangan wisata tidak hanya paada lokasi atau souvenir. Ada juga hal yang paling penting, yaitu hal pemdukungnya seperti seni pertunjukan, yang bisa menceritalan kebudayaan suatu lokasi tempat wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, seni pertunjukan atau pementasan adalah salah satu pendukung lokasi wisata. Apalagi seni pertujukannya menceritakan tentang Legenda atau hal lain yang ada di lokasi wisata tersebut.

"Itu pasti menariK, jadi wisatawan bisa mengetahui ceritanya," katanya, dalam keterangan diperoleh Selasa (9/11).

Sandi mengungkapkan, karena visual lebih menarik dibandingkan hanya mendengarkan cerita. Dengan adanya visual cerita, maka wisatawan bisa berimajinasi seakan-akan menyaksikan peristiwa atau legenda tersebut di depan mata.

"Kita juga tahu, seni pertunjukan di Kabupaten Deli Serdang dinilai cukup baik, hal ini dapat dilihat melalui beragam karya ekonomi kreatif yang menembus pasar nasional maupun internasional," ujarnya.

Dia berharap, subsektor seni pertunjukan dapat menjadi lokomotif subsektor ekonomi kreatif Kabupaten Deliserdang lainnya yang mampu mendorong pembangunan daerah.

Program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia merupakan salah satu program Kemenparekraf/Baparekraf yang bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola, dan mengkonservasi kreativitas.

“Selain itu, kita berharap dapat mendorong pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensI,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi