Gol Telat Bergwijn dan Depay Bawa Belanda ke Piala Dunia 2022

Gol Telat Bergwijn dan Depay Bawa Belanda ke Piala Dunia 2022
Pemain Belanda merayakan keberhasilan karena lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Norwegia di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Belanda, Selasa (16/11). (Reuters/Pascal Rossignol)

Analisadaily.com, Rotterdam - Gol telat triker tim nasional Belanda, Steven Bergwijn dan Memphis Depay, berhasil memastikan negara mereka lolos ke Piala Dunia 2022. Dilaga itu, skuat asuhan Louis van Gaal ini menang 2-0 atas Norwegia, Selasa (16/11) dan keluar sebagai juara Grup G.

Bergwijn melepaskan tembakan kaki kanan pada menit ke-84 yang meleset ke gawang tuan rumah, dan Depay menambah gol saat ia secara klinis menyelesaikan breakaway usai mendapat umpan dari Bergwijn di masa tambahan waktu.

"Saya pikir kami mengendalikan permainan selama 90 menit penuh. Para pemain menjalankan rencana kami dengan sempurna," kata Louis van Gaal dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Rabu (17/11).

“Itu memang pantas pada akhirnya. Kami memilikinya di tangan kami sendiri. Itu bukan permainan terbaik kami, tetapi tidak ada yang peduli tentang itu sekarang," ucap Depay.

Norwegia, tanpa Erling Haaland yang cedera, harus menang untuk mengamankan posisi dua besar, dan menunjukkan beberapa usaha di kuarter terakhir meskipun mereka masih gagal mendapatkan upaya tepat sasaran.

"Itu berbahaya saat kedudukan 0-0, dan kami harus berhati-hati, tapi kami solid di belakang," kata Depay kepada televisi NOS Belanda.

Gol ke-12 Depay musim ini mengikatnya dengan pemain Inggris Harry Kane di daftar skor kualifikasi Eropa.

Belanda akan kembali ke final, yang diselenggarakan oleh Qatar, setelah absen di turnamen 2018 di Rusia, tetapi dengan sedikit keyakinan setelah tertatih-tatih melalui dua kualifikasi terakhir mereka.

Mereka telah delapan menit dari mengamankan kualifikasi awal Sabtu lalu sebelum menyerah dua gol untuk bermain imbang di Montenegro, tetapi kemenangan Selasa di stadion kosong karena pembatasan Covid-19 sudah cukup bagi mereka untuk memuncaki grup.

Belanda selesai dengan 23 poin dari 10 pertandingan, unggul dua poin dari Turki, yang menang 2-1 di kandang Montenegro untuk mengamankan tempat playoff. Norwegia ketinggalan dengan finis ketiga dengan 18 poin.

Belanda mendominasi penguasaan bola dan memiliki beberapa peluang setengah dengan Depay pemain mereka yang paling giat.

Tapi mereka juga bermain dengan pendekatan yang tegang, ingin menghindari kesalahan yang akan membuat Norwegia merebut permainan.

Tidak adanya penggemar tidak membantu penyebab tuan rumah.

Pertandingan itu dimainkan secara tertutup di De Kuip setelah pemerintah Belanda pada akhir pekan melarang penonton dari acara olahraga besar selama tiga minggu ke depan dalam upaya menahan lonjakan cepat kasus Covid-19.

Van Gaal juga hilang dari ruang istirahat. Dia patah pinggulnya jatuh dari sepedanya Minggu lalu, dan duduk di kursi roda di area VIP, tinggi di tribun, berkomunikasi melalui ponsel dengan asistennya di bangku.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi