Belasan Rumah di Sei Lepan Terendam Air

Belasan Rumah di Sei Lepan Terendam Air
Banjir di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Lepan - Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir membuat air Sungai Lepan naik hingga ke pemukiman warga.

Akibatnya belasan rumah warga di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, terendam air dengan ketinggian antara 50 sampai 60 sentimeter.

"17 rumah warga terendam dengan ketinggian air 50 sampai 60 sentimeter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Irwan Syahri, Kamis (18/11).

Dari 17 rumah yang terendam, tujuh diantaranya terendam dengan ketinggian air lebih kurang 50-60 sentimeter di Kelurahan Harapan Jaya, Lingkungan Takari RT 14 yang merupakan wilayah rendahan.

Sementara empat rumah di Dusun II Wonorejo dan enam rumah di Dusun V Cinta Maju, Desa Lama Baru dengan ketinggian air antara 50-60 sentimeter.

Menurutnya air naik saat terjadi hujan di hulu sungai dan di sekitar lokasi banjir sehingga air masuk ke pemukiman warga mulai pukul 06.00 WIB.

"Saat ini air di lokasi banjir sudah mulai surut dan masyarakat masih dapat beraktivitas," ujar Syahri.

Upaya yang dilakukan pihaknya, sambung Syahri, berkoordinasi dengan pihak pemerintahan Kecamatan Sei Lepan dan pemerintahan kelurahan/desa sembari memonitor prakiraan cuaca dari website BMKG.

"Selain berkoordinasi dengan pihak Pemerintahan Kecamatan Sei Lepan dan memonitor prakiraan cuaca dari website BMKG, kita juga melaksanakan posko siaga di kantor BPBD," pungkas Irwan Syahri.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi