Gempa Bumi Guncang Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera

Gempa Bumi Guncang Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera
Peta gempa bumi di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Nias - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo M=4,9 mengguncang Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Selasa (23/11). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan bahwa gempa bumi itu terjadi pada pukul 04.13 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=4,9," katanya.

"Sementara, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,36° LU; 96,58° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 123 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," terang Bambang.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

"Gempa bumi dangkal itu akibat adanya deformasi lempeng Samudera pada zona outer rise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," jelasnya.

Berdasarkan estimasi dari peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini berpotensi dirasakan di daerah Sirombu, Nias Barat III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami," ungkap Bambang.

Hingga pukul 04.43 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbau Bambang.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi