Bupati Asahan Minta Adat Dalihan Natolu Berperan Putus Penyebaran Covid-19

Bupati Asahan Minta Adat Dalihan Natolu Berperan Putus Penyebaran Covid-19
Bupati Asahan, Surya (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Bupati Asahan, Surya, meminta kepada pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan (Tabgse) yang baru dilantik periode 2021-2025 agar ikut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan mensukseskan Program Vaksinasi Covida19 yang dicanangkan pemerintah. Kegiatan berlangsung di Sopo Godang Tabagsel Kisaran, Sabtu (27/11).

"Selamat kepada pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan di Kisaran yang baru dilantik, semoga lembaga ini dapat membantu pemerintah dalam menekan angka Covid-19 dan bisa berperan menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Asahan," ungkap Surya.

Dia juga meminta kepada masyarakat adat Tabagsel agar selalu mengkampanyekan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah. Karena dengan kita mematuhi Prokes maka kita dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Kepada lembaga ada Tabagsel yang ada di Kisaran agar selalu dapat mensosialisasikan Prokes Covid-19 kepada masyarakat dengan menyarankan diantaranya memakai masker dengan baik menghindari kerumunan dan menjaga jarak," ujarnya.

Dia juga menyampaikan keberadaan Etnis Tabgsel di Kabupaten Asahan sangat memberikan makna yang positif dalam memberikan masukan demi kemajuan Pembangunan Kabupaten Asahan ke depan.

"Hal ini telah dibuktikan masyarakat Tabagsel dimanapun berada selalu dapat menempatkan diri dengan masyarakat dimana dia berada disamping itu lembaga ini juga diharapakan menjadi mitra pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Visi-Misi," ujar Surya.

Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel terpilih Masa Bhakti 2021-2025, Nauli Parlaungan Siregar, menyampaikan, dirinya terpilih sebagai Ketua Dalihan Natolu Tabgsel bukan karena lebih hebat, lebih paham, lebih mampu, tapi atas kepercayaan dan kerja sama semua.

"Kita sebagai Mitra Pemerintah Kabupaten Asahan harus ikut mendukung dan berkomitmen dalam mendukung Program kerja dan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan khususnya menyukseskan vaksinasi, dan mari kita berikan buah fikiran kita terutama dalam mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter," ujarnya.

Kehadiran Bupati Asahan, Surya dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar beserta istri dan rombongan di Sopo Godang Tabagsel disambut dengan upacara adat pemberian Ulos sebagai wujud kebesaran hati masyarakat Tabgsel yang ada di Kabupaten Asahan.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi