Lanal TBA Vaksinasi Nelayan di Atas KAL Pandang 1-1-72

Lanal TBA Vaksinasi Nelayan di Atas KAL Pandang 1-1-72
Vaksinasi di atas Kapal KAL Pandang 1-1-72 (Analisadaily/Ridwan Marpaung)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal-TBA) menggelar vaksinasi maritim Covid-19 terhadap nelayan di atas Kapal KAL Pandang 1-1-72, Jumat (3/12).

Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan khusus bagi nelayan yang sedang berada di tengah laut, tepatnya di Perairan Asahan atau Muara Selat Malaka dalam rangka menyambut Hari Armada.

Lebih lanjut Robinson Hendrik menerangkan, pelaksanaan vaksinasi maritim dilakukan demi mendukung program pemerintah dalam mempercepat target vaksinasi, mengingat saat ini sudah memasuki akhir tahun.

"Banyak nelayan yang belum mengikuti vaksin dengan alasan tidak sempat karena harus pergi pagi-pagi mencari nafkah ke laut dan malam baru pulang," terangnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Robinson Hendrik berinisiatif dengan memerintahkan tim Balai Kesehatan Lanal TBA untuk melayani vaksinasi di atas Kapal KAL Pandang 1-1-72.

Menurutnya untuk memenuhi kebutuhan vaksin menjelang natal dan tahun baru, tim vaksinator mencegat kapal-kapal yang berangkat ke laut dengan menerjunkan lima Patkamla Lanal TBA yakni Sie Rider, RHIB, Patkamla SLG 1-1-57, Patkamla TG. BALAI 1-1-61 dan Speed KAL Pandang yang berfungsi melakukan antar jemput nelayan.

"Untuk menciptakan herd immunity bagi para nelayan, kami menargetkan 200 dosis, namun kami siapkan 160 dosis Sinovac dan 200 dosis Astrazeneca, mudah-mudahan terpakai semua," harapnya.

Ratusan nelayan yang mengikuti vaksinasi tersebut merasa kaget dan senang. Selain mengikuti vaksinasi, mereka juga bisa merasakan suasana berada di atas kapal TNI AL.

(RM/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi