119 Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan

119 Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan
Pelaksana Tugas Bupati Padanglawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, memberikan alat bantu kepada penyandang disabilitas, Senin (6/12). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pelaksana Tugas Bupati Padang Lawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, menyerahkan alat bantu kepada 119 orang penyandang disabilitas bersumber dari APBD Padanglawas dan Program ATENSI Kementerian Sosial Republik Indonesia di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Senin (6/12).

Kepala Dinas Sosial, Ahmad Fauzan Nasution mengatakan, kegiatan bertujuan meningkatkan aksesabilitas atau mobilitas dan kemandirian penyandang disabilitas dalam melakukan kegiatan dasar sehingga tidak tergantung kepada orang lain, menciptakan lingkungan keluarga dan lingkungan sosial secara kondusif.

“Penyerahan bantuan alat bantu bagi disabilitas ini bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021,” jelasnya.

Ahmad menjelaskan, yang menerim alat bantu Disabilitas sebanyak 119 orang, diantaranya Kursi Roda 17 unit, Alat Bantu Pendengaran sebanyak 17 unit, Kruk (Tongkat Ketiak) 17 unit, Walker (alat bantu empat kaki) 17 unit, Tongkat Alat Bantu Jalan 17 unit, Tongkat Lipat 17 dan Kacamata untuk Lansia sebanyak 17 unit.

Setelah itu, pihaknya juga melakukan penyerahan bantuan program Yatim Piatu (YAPI). Bantuan uang senilai Rp200 ribu terhadap 11 orang anak yang orangtuanya meninggal karena Covid 19.

Zarnawi mengucapkan selamat Hari Disabilitas Internasional (HDI) ke-29 Tahun 2021. Peringatan HDI bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Tujuan ini selaras dengan tema HDI tahun 2021 yakni Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kepada penerima bantuan alat bantu ini serta Penyandang Disabilitas lainnya untuk tetap semangat menjalani kehidupan ini, percaya diri, terus bekerja keras dan bermotivasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing-masing, agar dapat meraih kesuksesan.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi