Sumut Raih 3 Medali Emas dan 4 Perunggu pada Kejurnas Arung Jeram di Lampung

Sumut Raih 3 Medali Emas dan 4 Perunggu pada Kejurnas Arung Jeram di Lampung
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) R4 Arung Jeram Way Besai Provinsi Lampung 2021 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Kontingen Arung Jeram Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil membawa 3 medali emas dan 4 perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) R4 Arung Jeram Way Besai Provinsi Lampung 2021.

Penambahan medali emas dan perunggu tersebut didapat dari Klas Down River Race (DRR). Klas DRR salah satu klas favorit di cabang olahraga arung jeram, yang menampilkan kemampuan kekuatan dan ketahanan fisik setiap team arung jeram untuk menaklukkan jeram di jalur lomba pada jarak tempuh yang tertentu, sesuai dengan standard Internasional rafting Federation (IRF).

Klas ini digelar di hari terakhir Kejurnas R4, pada Kamis (9/12). Medali emas di Klas DRR dipersembahkan team kategori youth man Sumut, di bawah pembinaan pelatih Zepta Wahyudi dan manager team Dedy Irwan (Ketua Pengcab FAJI Langkat).

Sedangkan mendali perunggu dipersembahkan oleh team open women Sumut di bawah pembinaan Pelatih Rina Damayanti dan di manager team Repoli Manurung asal Pengcab FAJI Serdang Bedagai.

Hingga akhir perhelatan Kejurnas R4 Arung Jeram Way Besai Lampung 2021 ini, diikuti oleh 17 Pengurus Provinsi FAJI Se-Indonesia dengan total 56 team untuk seluruh klas yang di perlombakan. Kontingen Arung Jeram Sumut, meraih medali tiga emas dan empat perunggu.

Ketua Umum FAJI Provsu, Soekirman pun mengapresiasi perjuangan seluruh atlet, pelatih, manager serta team judge, yang telah mengharumkan nama Sumut yang bermartabat di arena Kejurnas Arung Jeram Lampung 2021.

"Terima kasih atas dukungan Gubernur dan Wagub Sumatera Utara, serta dukungan KONI Sumut yang dipimpin Bapak Jhon Ismadi Lubis," ucapnya.

Keberhasilan kontingen Arung Jeram Sumut di event ini merupakan keberhasilan dari seluruh masyarakat Sumut. Selain itu, menjadi barometer kunci kesiapan Pengurus Prov. FAJI Sumatera Utara dan masyarakat arung jeram sumatera Utara untuk menghadapi PON 2024 Aceh Sumatera nantinya.

"Melihat perolehan mendali team kategori Youth Man merupakan juara umum di klas, sesuai peraturan PB.FAJI akan memberikan Wild Card bagi juara umum untuk engikuti World Rafting Championship R4 (WRC R4) yang akan di gelar di Bosnia Herzegovina awal Juli 2022," katanya.

Selain itu, dukungan Pembina FAJI Serdang Bedagai, Bupati Darma Wijaya, Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekda Faisal Hasrimy, juga menjadikan semangat para atlet untuk bertarung di kejuaraan ini.

Sedangkan untuk Open Women Sumut menduduki peringkat dua nasional kategori open women, untuk Open Man Sumut menempati posisi ke 5 nasional. Adapun medali yang diraih pada klasnya yakni klas sprint kategori Youth Man meraih emas.

Klas Head To Head Final mengalahkan tim R4 Jawa Barat pada Final Head to Head meraih emas, klas slalom peroleh medali perunggu, klas DRR menyabet emas.

Kategori Open Women (terbuka Putri) Team Arung Jeram asal Pengcab FAJI Serdang Bedagai, meraih Perunggu di klas sprint, klas head to head final mengalahkan team Open Women R4 DKI Jakarta, dan untuk klas DRR meraih perunggu.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi