Sumut Peringkat ke-5 Kasus HIV/AIDS

Sumut Peringkat ke-5 Kasus HIV/AIDS
Peserta pelatihan penanggulangan HIV/AIDS yang digelar Komisi Penanggulangan AIDS di Aula Dinas Pendidikan Sumut, Rabu (8/12). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sumut bersama Lembaga Pengiatan HIV AIDS Medan Plus, JIP, PKBI Sumut, Galatea menggelar kegiatan edukasi masyarakat mencegah penularan HIV/AIDS di masyarakat.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Hari AIDS sedunia yang diperingati tanggal 1 Desember. Tahun 2021, HIV/AIDS di Sumut mengalami peningkatan dengan total jumlah penderita HIV/AIDS per Juli 2021 sebanyak 13.150 jiwa dengan perincian HIV +: 7.451 dan AIDS: 5.699 dan menjadikan Sumut peringkat 5 nasional kasus HIV/AIDS.

Sebanyak 92% di antaranya berada pada rentang usia 19 sd 49 tahun dan 7.493 orang di antaranya berada di Kota Medan.

"Tema Hari AIDS Sedunia tahun 2021 adalah 'Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses Untuk Semua' Rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal 28 November (2021) sampai 8 Desember 2021 dengan acara puncak pada 1 Desember 2021.

Rangkaian kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan di mana semua yang berpartisipasi diwajibkan memakai masker.

Hal ini dikarenakan masih adanya pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah perkembangan Covid 19," kata ketua KPA Sumut Ikrimah Hamidi, Kamis (9/12).

Kegiatan dimulai tanggal 28 Desember 2021 dengan titik kumpul di Lapangan Merdeka Medan bersamaan dengan Car Free Day dengan kegiatan Long March, Sosialisasi tentang HIV/AIDS kepada pengungjung Car Free Day dilanjutkan dengan penandatanganan petisi "Peduli ODHA dan ADHA" dan diakhiri dengan sarapan bersama.
Kegiatan tersebut diikuti lintas profesi seperti pns, dosen, penggiat HIV/AIDS, pemuda, turut serta pula, ODHA dan ADHA.

"Tujuan Kegiatan ini guna mengajak masyarakat untuk terlibat dalam membantu menurangi risiko terpapar HIV, tidak ada lagi yang meninggal karena AIDS dan tidak ada lagi Stigma terhadap ODHA," tambahnya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah "Live Talk Show Bersama RRI " yang dilaksanakan 30 November 2021, dengan pembicara dari Ketua KPASumut, dan direktur Medan Plus, Erwin. Talkshow juga dilakukan di TVRI Sumut pada 1 Desember 2021.

Acara puncak dilakukan 1 Desember 2021 di Aula T Rizal Nurdin dengan kegiatan Penandatanganan Rencana Anggaran Daerah (RAD) penanggulangan HIV/AIDS 2021-2024, pemutaran video kegiatan dan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada penggiat ODHA, oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, selaku pembina KPA Sumut, dihadapan para SKPD serta instansi vertikal lainnya.

"Kegiatan terakhir, pelatihan penanggulangan HIV/AIDS, yang dilaksanakan KPA Sumut di Aula Dinas Pendidikan Sumut, Rabu (812). Pelatihan diikuti 28 SMA/SMK di Medan dan Deliserdang, untuk anak didik agar terhindari dari keterpaparan yang lebih tinggi kepada usia muda dan produktif," kata Ikrimah.

(AMAL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi