Kekalahan Barcelona dari Munchen Menandai Akhir Sebuah Era

Kekalahan Barcelona dari Munchen Menandai Akhir Sebuah Era
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez (Marca/EFE)

Analisadaily.com, Catalan - Barcelona tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 3-0 dari Bayern Munich pertengahan pekan kemarin dan karena itu Xavi Hernandez mengaku, timnya menghadapi masalah mental. Tidak itu saja, dia juga menyampaikan era klub raksasa La Liga itu sudah berakhir dan kembali memulai dengan yang baru.

Mantan kapten Barcelona telah menekankan, dia dan staf pelatihnya berusaha untuk mengangkat semangat tim dan mengingatkan para pemain tentang tujuan klub.

"Ini adalah masalah psikologis daripada masalah sepak bola. Mereka harus mempercayainya dan itu adalah tugas saya. Kami mendorong mereka untuk berani dan berani. Di Barcelona tidak ada gunanya bermain 6/10 atau 7/10. Anda harus membidik keunggulan," kata Xavi dilansir dari Marca, Minggu (12/12).

“Inilah yang hilang. Keberanian, membidik tinggi dan tidak rendah karena bukan itu yang dilakukan Barcelona. Menjadi berani dan memahami permainan, kami tidak jauh dari apa yang kami inginkan," sambungnya.

Kata dia, skuad memiliki level untuk bersaing dan memenangkan gelar. Dalam pertandingan Bayern ada juga aspek psikologis, tetapi juga pertanda bahwa kebiasaan telah hilang.

Meskipun menyadari masalah keuangan Barcelona, ??Xavi telah berdiskusi dengan dewan tentang potensi bala bantuan di jendela transfer musim dingin.

"Tim harus selalu berkembang. Ada pasar dan itu adalah peluang. Ada banyak komunikasi. Itu adalah pertemuan yang sangat produktif. Saya jelas. Kami memiliki masalah keuangan, tetapi kami harus bekerja untuk meningkatkan tim, skuat, dan menjadi lebih baik kompetitif," tegasnya.

Xavi percaya bahwa kekalahan melawan Bayern Munich menandai akhir dari sebuah era dan menekankan bahwa duel Osasuna yang akan datang harus menjadi batu loncatan untuk siklus lain.

"Kita perlu melakukan reset umum. Pertama, kita perlu mendorong tim. Tidak boleh ada perasaan bahwa kekalahan adalah sesuatu yang pasti. Anda harus menuntut lebih banyak jiwa, komitmen, dedikasi, dan profesionalisme. Dengan latihan yang sangat menuntut. Sebuah siklus telah berakhir dan sekarang era baru Barcelona dimulai," tutur Xavi.

“Saya tetap optimis. Besok final lagi, kami tidak boleh kehilangan poin lagi. Kami tidak punya pilihan selain bersaing, semangat karena masih banyak yang tersisa. Kami tidak dalam momen terbaik dalam sejarah klub, tetapi Anda harus bahagia, untuk bergembira. Kami telah meningkat, tetapi melawan Bayern kami melihat Barcelona yang lebih rendah. Kami harus menerima bahwa mereka lebih baik. Kami bekerja untuk membawa Barcelona kembali ke tempat yang pantas mereka dapatkan," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi