Gandeng BNI, Pemko Medan Permudah Pembayaran Pajak Digital Horeka 

Gandeng BNI, Pemko Medan Permudah Pembayaran Pajak Digital Horeka 
Foto bersama dalam acara soft launching Pembayaran Digital Pajak Horeka (Hotel, Restoran & Kafe) yang dihadiri Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, Direktur Jaringan dan Layanan BNI, Ronny Venir, Kamis (16/12). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily, Medan - Bank Negara Indonesia (BNI) berkomitmen untuk memberikan solusi yang terintegrasi teknologi informasi dan komunikasi (IT) dalam tata kelola sehari-hari kepada kota dan kabupaten di Indonesia. Langkah tersebut bertujuan meningkatkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan kesejahteraan warga.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang telah membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD). Bertujuan, mendorong percepatan implementasi elektronifikasi transaksi di pemerintah daerah (ETPD), meningkatkan transparansi transaksi dan tata kelola, serta mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah.

Adapun Soft Launching Pembayaran Digital Pajak Horeka (Hotel, Restoran & Kafe) merupakan satu wujud komitmen BNI kepada Pemerintah Kota Medan.

BNI menjadi mitra perbankan yang diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Medan dalam program Digitalisasi Daerah. Selain Pajak Horeka, BNI turut serta mengembangkan solusi digitalisasi lainnya salah satunya adalah Solusi Digitalisasi Ekosistem Pasar.

Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution mengatakan, ini merupakan sistem digitalisasi manajemen tata kelola pajak daerah yang saling terkait secara online. Baik itu antara Badan Pajak dan Retribusi Daerah dengan wajib pajak dalam hal kewajiban perpajakan.

"Melalui pembayaran digital pajak daerah Kota Medan yang berkolaborasi dengan bank BNI, saya berharap terwujudnya penyelenggara administrasi pepajakan yang efektif dan efisien," kata Bobby yang hadir pada acara soft lounching, Kamis (16/12).

Kemudian, kata dia, meminimalisir kehilangan potensi pajak daerah sehingga penerimaan dari sektor itu dapat ditingkatkan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pajak daerah yang merupakan penopang pendapatan asli daerah.

"Memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam pembayaran dan pelaporan pajak daerah," sambung Bobby.

Atas nama Pemerintah Kota Medan, ia mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada BNI dan para wajib pajak di Kota Medan, yang telah berkesempatan hadir dan berpartisipasi dalam mendukung pembangunan Kota Medan.

Direktur Jaringan dan Layanan BNI, Ronny Venir menyampaikan, ada enam konsep utama dalam Smart City yaitu; Smart People, Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Environment, Smart Economy dan Smart Society.

“Program Smart City BNI mendukung program digitalisasi Kabupaten/Kota yaitu solusi yang dapat diberikan bagi pemerintah kota/kabupaten," ujarnya.

Selain itu, BNI juga turut dalam program BNI Go Green dengan mengembangkan Ekosistem Digitalisasi Pasar serta Program Bank Sampah yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan yang sejalan dengan slogan Kota Medan saat ini yaitu menuju Medan Berkah.

BNI ditunjuk sebagai mitra perbankan untuk membantu dengan fasilitas layanan jasa perbankan dan dukungan Program Smart City dari Pemerintah Kota Medan dalam hal perluasan Cashless Payment dalam bentuk EDC & QRIS (QR Code).

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan bisa memberikan peningkatan pelayanan dan kepuasan kepada masyarakat Kota Medan dalam memudahkan Pemerintah Kota Medan untuk peningkatan pelayanan publik yang lebih optimal

(RRS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi