Jelang Pertandingan, Aubameyang Dinyatakan Positif Covid-19

Jelang Pertandingan, Aubameyang Dinyatakan Positif Covid-19
Pierre-Emerick Aubameyang (Reuters/Phil Noble)

Analisadaily.com, Kamerun - Kapten tim nasional Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, dinyatakan positif Covid-19 saat tiba di Kamerun pada Kamis (6/1), sehingga keadaan itu mengancamnya untuk tampail membela negaranya di Piala Afrika melawan Kepulauan Komoro, Senin (10/1).

"Aubemayang dan rekan setimnya Mario Lemina mengembalikan hasil positif ketika diuji setibanya di bandara Yaounde, bersama dengan asisten pelatih Anicet Yala," kata Federasi Sepak Bola Gabon dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters.

"Ketiganya kini telah menjalani tes PCR untuk memverifikasi hasil tes antigen," tambah pernyataan itu.

Jika positif lagi, mereka harus menjalani isolasi dan hampir pasti akan melewatkan pertandingan pembukaan Gabon di Grup C melawan Kepulauan Komoro di Yaounde, Senin depan.

Delegasi Gabon telah melakukan perjalanan dari Dubai, di mana mereka telah mempersiapkan turnamen, yang dimulai pada hari Minggu dan berlangsung hingga 6 Februari. Persiapan untuk sebagian besar negara, selama dua minggu terakhir, telah dilanda oleh pemain yang kembali tes positif dan harus dikarantina.

Keberangkatan Senegal ke turnamen pada hari Rabu ditunda oleh tiga kasus positif dan Kepulauan Cape Verde memiliki 21 hasil positif yang mencengangkan di kamp pelatihan pra-turnamen mereka.

Aubameyang yang berusia 32 tahun bermain untuk Gabon pada hari Selasa, mencetak gol saat mereka bermain imbang 1-1 dengan sesama finalis Mauritania dalam pertandingan persahabatan pemanasan.

Dia dibebaskan lebih awal dari klubnya Arsenal untuk bergabung dengan skuad Gabon setelah tidak disukai oleh manajer Mikel Arteta, yang mencopotnya dari jabatan kapten bulan lalu menyusul "pelanggaran disiplin".

Dia terakhir bermain untuk The Gunners dalam kekalahan 2-1 di liga dari Everton pada 6 Desember.

Aubameyang menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Arsenal tahun lalu tetapi mengalami kesulitan musim ini, hanya mencetak empat gol di Liga Inggris - yang terakhir terjadi pada Oktober.

Gabon melaporkan satu kasus positif Covid-19 saat berada di Dubai tetapi mengatakan striker Aaron Boupendza telah mengembalikan tes negatif setelah beberapa hari di karantina dan melakukan perjalanan dengan anggota skuad lainnya ke Kamerun pada hari Kamis.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi