Pagar SD Negeri Hanopan Padangsidimpuan Dibiarkan Rusak, Kepsek: Akan Dilaporkan ke Disdik

Pagar SD Negeri Hanopan Padangsidimpuan Dibiarkan Rusak, Kepsek: Akan Dilaporkan ke Disdik
Pagar SD Negeri Hanopan Padangsidimpuan yang rusak tak kunjung diperbaiki. (Analisadaily/Irfan Nasution)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Sudah hitungan tahun pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 200213 Hanopan, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan dibiarkan rusak dan tak kunjung diperbaiki, sejumlah warga hingga pihak komite menduga pihak sekolah maupun dinas terkait melakukan pembiaran, Senin (14/3).

Ketua Komite Sekolah Asnawaty Harahap MPd saat ditemui mengungkapkan, terkait perbaikan pagar sekolah yang ambruk atau rusak tersebut hampir tiap hari pihaknya selalu mengkomunikasikan kepada kepala sekolah agar dilakukan pengajuan perbaikan kepada dinas, namun tak kunjung dilakukan.

"Kalau boleh saya bilang bosan sudah saya bilang itu, bayangkan saja hampir tiap hari saya sudah sampaikan kepada kepala sekolah agar secepatnya dilakukan pengajuan perbaikan, namun hingga kini tak kunjung dilakukan beralasan mengurus vaksinasi," ujar Asnawaty.

Asnawaty juga menambahkan salah seorang perwakilan rakyat sudah melakukan reses ke Kelurahan Hanopan pada ahkhir tahun 2021, di reses itu pihak legislatif mengusulkan kepada pihak sekolah agar melakukan sharing terlebih dahulu ke Kantor DPRD lalu membuat pengajuan perbaikan kepada dinas terkait.

"Pada 25 Desember 2021 salah satu anggota dewan reses di kelurahan ini, saat dilakukan diskusi pihaknya mengusulkan agar kepala sekolah melakukan pengajuan perbaikan kepada dinas terkait namun hingga hari ini kita tidak tau apa itu sudah dilakukan apa tidak," imbuhnya.

Asnawaty menjelaskan, sebenarnya tidak hanya itu persoalan yang ada di sekolah ini, para orangtua siswa juga pernah mengadu kepadanya terkait adanya oknum guru yang sering tidak masuk mengajar padahal mereka digaji oleh negara dan kondisi kini sudah boleh melakukan belajar tatap muka, namun masih saja ada oknum guru yang seperti itu.

"Itu juga selaku komite saya sudah melakukan peneguran terhadap pihak kepala sekolah," tegasnya.

Salah seorang warga menambahkan bahwa pagar sekolah itu sudah bertahun-tahun rusak.

"Sudah lebih setahun itu rusak kalau sebelah sana, namun yang ambruk itu masih hitungan bulan lah bang, sampai saat ini belum adanya kita liat perbaikan," tegas salah seorang warga.

Kepala Sekolah SDN 200213 Marataon Nasution yang dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melalukan penghitungan untuk pengajuan perbaikan.

"Sudah dilakukan oret-oret (hitung-hitungan) untuk pengajuan bantuan perbaikan kepada pihak dinas Pendidikan. Hari ini sudah saya buat oret-oret pengajuannya, lima-lima hari ini kayaknya siap lah itu baru saya masukkan pengajuannya ke dinas," ujar Marataon.

Kadis Pendidikan Kota Padangsidempuan Lutfi Siregar saat hendak dimintai keterangan terkait ambruknya pagar sekolah SDN Hanopan, hingga berita ini diturunkan belum merespons.

(IAN/BR)

Baca Juga

Rekomendasi