GP Portugal, Fabio Quartararo Raih Kemenangan Perdana

GP Portugal, Fabio Quartararo Raih Kemenangan Perdana
Fabio Quartararo bersama timnya merayakan kemenangan di GP Portugal (Speedweek/F Glanzel)

Analisadaily.com, Portugal - Fabio Quartararo merayakan kemenangan pertamanya musim ini di Portimo dan sekaligus mengambil posisi teratas di klasemen MotoGP. Di podium GP Portugal ini, juara dunia musim lalu itu ditemani Johann Zarco yang finis di posisi kedua dan Aleix Espargaro di tempat ketiga.

"Saya mendorong diri saya hingga batasnya. Saya melakukannya di Argentina dan Austin juga, tapi motornya terasa sangat bagus di sini dan lintasannya tidak terlalu panjang. Kami memiliki pegangan dan tahu bahwa hari ini adalah 'waktu palu'," kata Quartararo usia balapan dilansir dari Speedweek, Minggu (24/4).

"Sudah dalam pemanasan saya merasa hebat dan saya memiliki awal yang baik untuk balapan. Saya harus segera memulai dengan agresif karena jika kami berada di belakang Ducati, kami akan menghadapi masalah serius. Akhirnya kemenangan pertama musim ini, itu membuat saya sangat bahagia," tutur Quartararo.

Johann Zarco yang naik podium pada balapan pekan ini merasa sangat terkesan dengan penampilan Quartararo karena dia sangat kuat pada awalnya. Zarco pun kemudian harus memotivasi dirinya sedikit dan berkata pada diri sendiri, mencoba untuk menyalip.

"Dengan ban segar saya merasa baik, itu sangat penting. Joan memberikan banyak tekanan pada Mir, tetapi saya mampu menjaga kecepatan saya dengan baik di belakangnya. Ketika Jack mendekat, tidak banyak putaran yang tersisa. Saya mencoba menyalip Mir dan ingin mengamankan posisi kedua. Joan dan Jack keluar dari perlombaan, tetapi kemudian Aleix datang dan membuat hidup saya sulit. Saya memberi sedikit lebih banyak di lap terakhir dan itu terbayar," kata Zarco.

Setelah laga Espargaro mengatakan, ia mengalami masalah dengan kopling dan itulah mengapa startnya sangat buruk. Setelah itu ia akui kehilangan banyak waktu dengan Alex Marquez, seperti di Mandalika dia melewati batas, dia menabraknya tiga kali.

"Kami hanya kehilangan waktu dengan hal seperti itu, tapi itulah balapan. Saya mencoba untuk maju secepat mungkin dan sangat cepat. Fabio berada di planet lain, saya pikir saya bisa bertarung untuk tempat kedua tetapi pada akhirnya ban saya hancur. Saya sangat senang dengan podium, kami bisa bertarung dengan pembalap terbaik lagi," kata Espargaro.

Hasil MotoGP, Portimao, Minggu, 24 April 2022:

1. Quartararo, Yamaha, 25 lap dalam 41:39.611 menit
2. Zarco, Ducati, +5.409 detik
3. Aleix Espargaró, Aprilia, +6.068
4. Rins, Suzuki, +9.633
5. Oliveira, KTM, +13.573
6. Marc Márquez, Honda, +16.163
7 Alex Márquez, Honda, +16.183
8 Bagnaia, Ducati, +16.511
9 Pol Espargaró, Honda, +16.769
10 Vinales, Aprilia, +18.063
11 Dovizioso, Yamaha, +29.029
12 Marini, Ducati, +29.249
13 Morbidelli, Yamaha, +33.354
14 Gardner, KTM, +40.205
15 Bezzecchi, Ducati, +46.052
16 Nakagami, Honda, +49.569
17 Darryn Binder, Yamaha, +50.303
– Savadori, Aprilia, 1 lap mundur
– Di Giannantonio, Ducati, 4 lap down
– Mir, Suzuki, 7 lap down
– Miller, Ducati, 7 lap down
– Brad Binder, KTM, 8 lap down
– Bastianini, Ducati, 16 lap down
– Martin, Ducati, 21 lap down

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi