Harga Daging Sapi Naik, Pembeli Tetap Meningkat

Harga Daging Sapi Naik, Pembeli Tetap Meningkat
Daging sapi (Analisadaily/Christison Sondang Pane)

Analisadaily.com, Medan - Seorang pedagang daging di Pasar Sambas, Kota Medan, Yusuf, mengatakan harga daging sapi segar diakhir pekan ini bergerak naik lagi atau sudah Rp 150.000-Rp 160.000 per kg akibat banyaknya permintaan pada H-2 Lebaran 2022.

"Naik lagi udah Rp 150.000 dari sebelumnya masih bisa Rp 140! 000," kata Yusuf dilansir dari Antara, Sabtu (30/4).

Dia lanjut menceritaka, harga normal daging sapi di Sumut Rp 110. 000-Rp120.000 per kg. Meski naik, pembeli tetap ada bahkan meningkat karena sudah mendekati Lebaran.

Kenaikan harga sudah diprediksi sejak awal, karena akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu, puncaknya masyarakat berbelanja untuk kebutuhan Lebaran.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite, mengakui hasil pantauan pasar, memang ada tren kenaikan harga daging sapi di pasar.

Kenaikan harga dipicu permintaan yang banyak di pasar untuk kebutuhan Lebaran. Stok daging di tempat pemotongan cukup aman sehingga tidak ada gangguan distribusi.

"Yang paling penting ketersediaan memadai. Begitu pun, Tim Penanganan Inflasi Daerah Sumut terus memantau dan mengawasi harga daging dan bahan pokok lainnya," katanya.

Selain daging, ada beberapa bahan pokok yang naik seperti gula pasir yang masih tetap berada di atas HET atau sebesar Rp14.000-Rp15.000 per kg.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi