Dewan Perpustakaan Provsu Dorong Samosir Miliki Dinas Khusus Perpustakaan dan Arsip

Dewan Perpustakaan Provsu Dorong Samosir Miliki Dinas Khusus Perpustakaan dan Arsip
Kunjungan Kerja Dewan Perpustakaan Provsu ke Kabupaten Samosir. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Samosir - Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Samosir, Selasa (21/6).

Kunjungan kerja ini dirangkai dengan penyerahan buku ke Taman Baca Masyarakat (TBM) Pelita Hati Desa Ambarita, Kecamatan Sianindo, Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu, Ir Halen Purba, MM, mengatakan pihaknya mengapresiasi Kabupaten Samosir yang telah membangun perpustakaan megah dengan pemandangan yang memesona. Namun, pihaknya prihatin karena kelembagaan pengelolaan perpustakaan dinas dan arsip yang tadinya ada di dinas kini dikelola kepala bagian.

"Penguatan kelembagaan pengelolaan perpustakaan dan arsip kiranya dapat dilakukan oleh Pemkab Samosir agar peningkatan literasi di Negeri Indah Kepingan Surga ini dapat dilakukan. Sebagai destinasi wisata super perioritas sebagaimana dicanangkan pemerintah pusat, Samosir kiranya perlu terus melakukan peningkatan sumber daya manusia, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan literasi masyarakatnya," ujarnya.

Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara, Prof Hasim Purba, SH, MHum mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Samosir salah satu faktornya adalah persoalan kelembagaan tersebut. Sebelumnya Dewan Perpustakaan Provsu juga melakukan kunjungan ke Humbang Hasundutan, terkait persoalan yang sama.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) ini menekankan pentingnya pembentukan Dinas Perpustakaan dan Arsip di Pemkab Samosir agar pelayanan perpustakaan dan angka literasi dapat semakin meningkat.

"Sumatera Utara sendiri kini telah dicanangkan sebagai Provinsi Literasi. Keberhasilan sebagai provinsi literasi tentu harus didukung oleh kabupaten/kota, karenanya melalui kunjungan kerja ini, Dewan Perpustakaan Provsu akan merekomendasikan dan memberikan masukan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk kemudian diteruskan kepada Bupati Samosir untuk melakukan penguatan kelembagaan pengelolaan perpustakaan dan arsip," ujarnya.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Hut Isasae Simbolon menegaskan pembangunan Gedung Perpustakaan merupakan komitmen Pemkab Samosir untuk mendukung peningkatan indeks literasi. Hadirnya Gedung Perpustakaan diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang cerdas dan perpengatahuan luas.

"Sebagai destinasi wisata super prioritas, Pemkab Samosir membutuhkan masukan dari semua pihak termasuk ide dan gagasan dari Dinas dan Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu Ir Halen Purba, MM memberikan buku secara simbolis kepada Pemkab Samosir.
Gagasan dan ide dari Dewan Perpustakaan tentu akan menjadi masukan berharga bagi pengembangan Kabupaten Samosir, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia sehingga kesejahteraan masyarakat kian meningkat.

Kabag Perpustakaan dan Arsip Samosir Drs Paris Manik berterimakasih atas kunjungan dari Dinas dan Dewan Perpustakaan Provsu dan berharap bisa bersinergi, khususnya dalam melengkapi Gedung Perpustakaan yang baru didirakan.

"Kami sangat berharap dukungan dari pemerintah provinsi, khususnya dalam melengkapi koleksi buku-buku, rak, meja dan komputer. Semoga ke depan terjalin harmonisasi kerja sama antarinstansi terkait agar pengembangan literasi di Samosir semakin menggembirakan," tegasnya.

Padang kunjungan kerja tersebut, Anggota Dewan Perpustakaan melakukan pemaparan materi dan diskusi untuk menyerap aspirasi. Dimoderatori Taufik Hidayat, SSos, MSi diskusi panel menghadirkan narasumber Anggota Dewan Perpustakaan Provsu antara lain, Muhammad Rusli Harahap, SSos, Dr HM Joharis Lubis, MM, MPD, Ir Doni Irfan Alfian dan Bambang Riyanto, SS, MSi.

Pada sesi diskusi, perwakilan Rumah Baca Nauli, Manihuruk berharap ada fasiltas yang kemudahan yang diberikan kepada penulis daerah dalam hal penerbitan buku, khususnya dalam penerbitan ISBN. Sementara Siska Naibaho berharap bantuan gerobak baca untuk pemberdayaan TBM di Samosir dapat segera direalisasikan.

Acara kunjungan kerja tersebut turut dihadiri Sekretaris Dewan Perpustakaan Drs Daswar Purba dan Anggota Dewan Perpustakaan lainnya seperti Hairani Lubis, S.Sos, Drs Kariono, MSi, Ismail, S.Hut, MA, Alkaushar Lingga, SPd, MPd, Ranggini, SE serta Suriadi, SSos.

Anggota Sekretariat Dewan di antaranya Erikson Pakpahan, SE, Hj Safitri Dewi Batubara, Dewi Ani Tampubolon, SSos. Pustakawan Madya Drs Chandra Silalahi dan para pendamping Evan Gabriel Manalu, SKom, Atikah Rayahayu Mandasari, S.Komp dan Zulherman, SH.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi