Lintas 6 Medan-Laskar Medan-Kodim 0201/Medan Berkolaborasi Vaksinasi Booster untuk Alumni dan Masyarakat

Lintas 6 Medan-Laskar Medan-Kodim 0201/Medan Berkolaborasi Vaksinasi Booster untuk Alumni dan Masyarakat
Lintas 6 Medan-Laskar Medan-Kodim 0201/Medan Berkolaborasi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kodim 0201/Medan bekerja sama dengan Lintas Alumni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Glugur By Pass Medan (Lintas SMP 6 Medan) dan Lintas Alumni SMA Tunas Kartika I/2 (Laskar) Medan melaksanakan Kolaborasi Vaksinasi Booster Pfizer 200 dosis bertema Bersama Kita Bisa, Kita Bisa Bersama, Sabtu (30/7) di Gedung SMP N 7 Medan. Dalam kegiatan tersebut, terlihat antusias alumni, keluarga Alumni dan masyarakat sekitar yang mendaftar untuk melaksanakan vaksin booster yang juga dicanangkan pemerintah saat ini.

Ketua umum Lintas Alumni SMP N 6 Medan, H. Agus Irfan beserta penasehat Lintas SMP 6, Boni Siswanto, di sela-sela acara menyatakan bahwa masyarakat tampak antusias ditandai dengan banyaknya peserta yang sudah hadir di pagi hari.

"Acaranya Booster untuk lintas angkatan SMP N 6 dan SMA Persit/Laskar. Target 200 dan yang mendaftar sudah 240an lebih dan yang terealisasi (sampai pukul 10.00 WIB) saja sudah 120an.

Untuk pendaftaran, ada online dan offline. Untuk online 240an pendaftar dan yang offline juga terima dan kita tidak membatasi berapa (yang mendaftar) booster. Jenis yang digunakan adalah Pfizer.

Selama pukul 10.00 WIB pada jam-jam pertama memang tampak agak sedikit rapat (banyak) peserta dan sudah mulai agak longgar menjelang siang tapi masih (pendaftar) antusias," sebutnya.

Namun, lanjutnya, yang belum mencukupi usia tidak diperbolehkan. "Memang ada beberapa yang belum mencukupi umur jadi akhirnya dipulangkan. Kalau usia, minimal 18 tahun namun maksimalnya tidak ada. Tapi startnya 18 tahun. Sebenarnya bukan masalah berapa maksimal usianya, tapi kalau ada mereka (yang berusia lanjut), yang menggunakan sinopharm, tidak koneksi dengan Pfizer jadi digeser ke tempat yang lain. Tidak harus Pfizer semua (vaksin 1/vaksin 2), sinovac boleh," paparnya.

Dia melanjutkan, pelaksanaan sebenarnya kita ingin buat di menjelang Agustus mendatang tapi karena suatu hal maka dimajukan di akhir Juli. "Jadi cuma 1 hari saja. Sasaran utama (vaksinasi booster) adalah alumni dari Lintas SMP N 6 dan Alumni Persit serta masyarakat umum sekitar. Untuk sekarang, jumlah alumni terdaftar 90an yang sudah masuk 120an orang itu alumni semua. Itu belum termasuk panitia karena panitia vaksin belakangan. Kita sekarang, alumni SMP N 6 yang berakhir di tahun 1997 (berganti menjadi SMPN 7) ada 390 orang dari angkatan 67 sampai 97 dan 98 sudah berubah nama menjadi SMP N 7," rincinya.

Pihaknya juga menyatakan terima kasih kepada Ketua Dewan Pembina Hj. Nawal Lubis yang memberikan support dalam kegiatan ini, serta Dandim 0201/Medan. Kolonel Inf. Ferry Muzawwad SIP MSi., Karumkit Kolonel CKM (K) dr. Suvi, Danramil 0201 - 01/ MP. Kapten CZI Abdul Halim Pasaribu dan lainnya.

Selain Ketua umum, turut hadir, di antaranya penasehat Lintas SMP 6, Boni Siswanto, Koordinator Laskar, Potan Edy Siregar serta Penasihat Faisal Pafaqih, dan mewakili Kodim 0201/Medan Sertu Suhairi dan pejabat terkait.

Koordinator Laskar, Potan Edy Siregar didampingi Penasihat Faisal Pafaqih, mengatakan harapan 'Laskar' agar kegiatan ini bisa dilanjutkan di masa datang. "Harapan kami terutama dari Laskar, ini kan kolaborasi antara Alumni SMP 6 dan Alumni SMA Persit serta bapak-bapak dari Kodim, maka kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas di sini. Nanti kita lanjutkan dalam event-event yang lain. Kita lihat nanti bagaimana kondisinya. Yang jelas ini kepedulian kita terhadap kondisi sekarang ini, termasuk persoalan Covid-19. Alhamdulillah bapak-bapak dari pihak Kodim juga respons, sehingga terlaksana acara ini. Pihak pelaksananya Kodim, berkolaborasi dengan Ikatan Lintas SMP N 6 dan alumni Persit Laskar yang mengajak kerja sama dengan Kodim. Ke depan, kita berharap Kodim yang mengajak kita," jelasnya.

Sertu Suhairi, mewakili Kodim 0202/Medan, mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. "Pihak Kodim sangat mengapresiasi karena kegiatan ini kan memang sesuai program pemerintah yang dicanangkan pemerintah bahwa kita sudah memasuki (tahap) booster yang mana booster sudah dilaksanakan sejak awal 2021. Dan 2021 sampai sekarang kami terus setiap hari melaksanakan vaksin. Makanya saat mau melaksanakan vaksin di SMP 7 kerja sama dengan kami, maka kami fasilitasi. Kami juga setiap hari ada pelaksanaan vaksin. Jadi, mungkin pada saat ini melaksanakan di sini, tapi di beberapa tempat juga kami ada melaksanakan," katanya.

Dirincinya, untuk booster sendiri, pihak Kodim sudah melaksankan sekitar 200.000an vaksinasi. "Selama ini yang kami laksanakan, sudah 400.000an lebih mulai dari vaksin 1, 2 dan 3. Kalau untuk booster sendiri, sekitar 200.000an sudah ada. Karena kita sudah laksanakan sejak pertengahan 2021 sampai sekarang. Jadi setiap ada dukungan, langsung kami laksanakan di wilayah di berbagai tempat, ada di mal, swalayan, tempat-tempat keramaian termasuk sekolah, kerja sama dengan elemen masyarakat sama-sama membantu," tambahnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi