Sesalkan Perusakan Baliho Puan Maharani, Suryani Paskah Naiborhu Minta Kapolda Tangkap Pelaku

Sesalkan Perusakan Baliho Puan Maharani, Suryani Paskah Naiborhu Minta Kapolda Tangkap Pelaku
Suryani Paskah Naiborhu (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Suryani Paskah Naiborhu, menyesalkan terjadinya aksi perusakan terhadap baliho Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani yang terpasang di Jalan Letda Sudjono, Medan. Suryani mendesak Kapolda Sumut untuk menangkap pelaku perusakan baliho Puan Maharani tersebut.

Demikian ditegaskan Suryani Paskah Naiborhu yang juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Wabendum DPP GAMKI) dalam keterangannya, Minggu (14/08/2022).

Suryani mengatakan bahwa terlepas dari apapun itu, Puan Maharani adalah Ketua DPR RI kita. "Beliau adalah simbol negara, artinya diberi kekhususan untuk menyampaikan pandangan-pandangan kebangsaan ke masyarakat tanpa perlu izin pemasangan baliho," ujarnya.

Menurutnya aksi perusakan baliho Puan Maharani oleh orang tak dikenal (OTK) tersebut bertentangan dengan etika politik. "Aksi perusakan tersebut seolah-olah menunjukkan adanya kebencian dari kelompok tertentu terhadap Puan Maharani. Dan ini bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi yang kita anut selama ini" ujarnya.

Suryani juga mengatakan bahwa perusakan terhadap baliho Puan tersebut juga tidak menunjukkan budaya dan ciri khas masyarakat Indonesia yang dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan sopan santun. Justru sebaliknya, perusakan terhadap baliho ini menunjukkan sifat kasar dan tidak menghargai kerukunan.

Dia juga menyoroti pesan-pesan yang disampaikan Puan Maharani dalam balihonya yang berisikan pesan-pesan kebangsaan. "Pesan-pesan kebangsaan ini tentu bagus untuk dibaca dan dipahami oleh masyarakat luas," tuturnya.

Suryani menduga bahwa aksi perusakan tersebut bernuansakan politis dan dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak menyukai Puan Maharani. Khususnya terkait dengan pencalonannya sebagai calon presiden. Oleh karena itu, perlu diketahui lebih lanjut siapa pelaku perusakan untuk mendapatkan alasan dibalik perusakan tersebut.

"Saya meminta dan mendesak Kapolda Sumut untuk menangkap pelaku perusakan baliho tersebut. Ini juga untuk mengingatkan masyarakat bahwa aksi perusakan ini bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan nilai-nilai budaya timur yang kita anut selama ini," tuturnya.

Suryani juga berharap dengan terungkapnya kasus perusakan baliho tersebut maka kedepannya aksi-aksi sejenis tidak lagi terulang. "Mari kita jaga kerukunan dan kedamaian yang selama ini sudah terjalin dengan baik," ujarnya.

(NAI/REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi