Risiko yang Bisa Dialami Pengguna WhatsApp Aero

Risiko yang Bisa Dialami Pengguna WhatsApp Aero
Tampilan aplikasi WhatsApp Aero (Internet)

Analisadaily.com, Medan - Pengguna aplikasi yang sudah dimodifikasi sepertinya masih belum cukup aware dengan risiko yang bisa saja menimpanya. Termasuk juga jika kamu menggunakan aplikasi seperti WhatsApp Aero. Di balik kelebihan dan fitur-fitur yang disediakan mestinya ada risiko yang bisa saja terjadi.

Memang, fitur-fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh WhatsApp Aero sangat menarik dan membuatnya jadi digemari oleh banyak orang. Masalahnya terletak dari sisi pengembang aplikasi modifikasi itu sendiri. Masih belum bisa diketahui siapa yang merancang hasil modifikasi tersebut.

Dengan kata lain, keamanan dari penggunaan WhatsApp Aero memang patut dipertanyakan. Apalagi jika melihat dari sisi privasi yang sudah banyak dilanggar. Misalnya melanggar privasi membaca pesan yang harusnya telah ditarik atau melihat status yang baru saja dihapus. Hal tersebut jelas melanggar privasi. Nah berikut beberapa resiko jika menggunakan WA aero yang kami kutip dari k-linkmitra.co.id.

Risiko Penggunaan WA Aero

Di balik kelebihan mesti ada kekurangan. Tidak ada aplikasi yang 100% sempurna. Pastinya ada celah yang cukup besar dan membuat cukup banyak orang bisa kecolongan. Berikut ini risiko yang bisa saja dihadapi:

1. Pencurian Data

Saat ini sedang ramai kasus pencurian data yang dilakukan oleh hacker, cracker, atau oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya akan memanfaatkan data-data tersebut untuk misalnya mengambil kredit, atau bahkan lebih parah menghabiskan saldo uang yang ada dalam rekening.

Hal tersebut bisa terjadi jika kamu menggunakan sembarang aplikasi yang sudah dimodifikasi. Di dalamnya bisa saja terdapat spyware yang akan mengambil data-data penting yang seharusnya jadi rahasia dan hanya kamu saja yang tahu mengenainya.

Spyware memang bisa disusupkan atau diletakkan dalam satu aplikasi saja. Jika ada orang yang menginstallnya, spyware akan bekerja sebagaimana tugasnya untuk mencuri berbagai data penting milik seseorang.

Sangat disarankan untuk mengecek bagaimana tingkat keamanan atau ulasan dari pengguna lain sebelum mendownload WhatsApp Aero dan sebelum menginstallnya. Keamanan data jadi taruhan di sini.

2. Diblokir Pihak WhatsApp

Salah satu risiko lain yang bisa saja terjadi ketika kamu menggunakan aplikasi yang sudah dimodifikasi adalah pemblokiran paksa oleh pihak WhatsApp. Seperti yang diketahui, penggunaan aplikasi modifikasi tersebut memang masuk ke dalam salah satu kategori pelanggaran.

Dan setiap orang yang melanggarnya tentu saja akan diberi sanksi oleh WhatsApp. Ada banyak orang sebelumnya yang telah menggunakan aplikasi sejenis. Tiba-tiba saja akun mereka tidak bisa digunakan dan ada notifikasi terblokir atau terbanned.

Masih belum ada yang tahu durasi atau berapa lama banned akan dilakukan. Bisa saja banned hanya beberapa hari tapi sangat mungkin juga banned atau blokir didapatkan selamanya. Dengan kata lain, kamu masih harus bikin akun baru lagi jika ingin menggunakan WhatsApp.

3. Tidak Ada Update Otomatis

Setiap aplikasi yang diunduh secara resmi lewat toko aplikasi yang ada, biasanya mempunyai semacam sistem auto-update. Jika dari pihak developer resmi sudah melakukan maintenance dan menambahkan update terbaru, maka secara otomatis aplikasi akan ikut terupdate.

Hal tersebut masih belum bisa kamu dapatkan jika menggunakan WhatsApp Aero. Aplikasi yang dimodifikasi, seluruhnya, memang masih belum bisa menyediakan fitur satu ini.

Nantinya, setiap pengguna masih harus mendownload ulang aplikasi dengan versi paling terbaru agar fitur-fitur di dalamnya masih bisa digunakan. Jelas kamu akan cukup kerepotan dengan hal ini.

Demikian beberapa risiko yang mungkin terjadi dan bisa saja dialami oleh pengguna WA Aero. Meskipun begitu masih ada juga yang menganggap aplikasi tersebut masih aman digunakan.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi