FK USU Gelar Donor Darah

FK USU Gelar Donor Darah
Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) menggelar kegiatan donor darah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU) kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka Gebyar Dies Natalis ke-70 FK USU, dengan melaksanakan bakti sosial (baksos) donor darah, Minggu (11/9) di Fakultas Kedokteran USU.

Donor darah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan telah dimulai dengan dilaksanakannya baksos di Desa Dolat Rakyat Dusun 1 Kebun Bunga, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, sehari sebelumnya yakni pada Sabtu (3/9).

Ketua Panitia Dies Natalis Dr dr Johny Marpaung, MKed(OG), SpOGK menyatakan, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-70 FK USU berlangsung sejak pertengahan Agustus hingga Oktober nanti. Salah satunya yaitu pengabdian masyarakat sebagai wujud dari tridarma perguruan tinggi untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Sumut.

"Pelaksanaan donor darah ini berbarengan dengan kegiatan fun walk, bazar, dan berbagai pertandingan di FK USU. Acara ini dihadiri Wakil Rektor II bidang SDM dan Keuangan USU Muhammad Arifin Nasution, SSos, MSP," sebutnya.

Muhammad Arifin Nasution dalam kata sambutannya menyampaikan selamat ulang tahun ke-70 kepada FK USU dan menyatakan salut atas kerja sama tim panitia dan alumni didalam penyelenggaraan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Usai memberi kata sambutan, WR 2 bersama Dekan FK USU Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, SpS(K), Ketua Panitia Dies Natalis Dr dr Johny Marpaung, MKed(OG), SpOG(K ), dan Koordinator Pengabdian Masyarakat Dr. dr. Khairani Sukatendel, M. Ked (OG) SpOG(K), SH, MH(Kes) berkenan meninjau tempat pelaksanaan donor di ruang kuliah A1.

Dekan dan WR 2 menyapa para peserta donor, dan mengapresiasi para peserta yang sudah menyumbangkan darahnya untuk menyelamatkan manusia lainnya. Johny Marpaung mengatakan, pelaksanaan donor darah dilaksanakan dengan bekerja sama dengan PMI Kota Medan.

"Adapun peserta donor ini berasal dari para mahasiswa FK USU, peserta pendidikan dokter spesialis dan supervisor/dosen yang berasal dari 16 departemen yang ada di FK USU," sebutnya.

Departemen dimaksud antara lain Departemen Obstetri dan Ginekologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Deptartemen Ilmu Bedah, Departemen Ilmu Penyakit Anak, Departemen Anastesi, Departemen Penyakit Mata, Departemen Penyakit THT, Departemen Kardiologi, Departemen Neurologi, Departemen Dermatologi & Venerologi, Departemen Forensik, Deptartemen Psikiatri, Departemen Pulmonologi, Departemen Patologi anatomi, Departemen Gizi, Preklinik serta masyarakat umum.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi