Jumlah Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal Akut Jadi 133 Jiwa

Jumlah Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal Akut Jadi 133 Jiwa
Obat batuk dituangkan dalam ilustrasi gambar ini diambil 19 Oktober 2022. (Reuters/Ajeng Dinar Ulfiana)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan jumlah anak yang meninggal dunia akibat ginjal akut naik menjadi 133 dari yang dilaporkan sebelumnya 99.

"Jumlah itu termasuk di antara total 241 kasus di 22 provinsi di Indonesia," kata Budi dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Jumat (21/10).

Kata dia, sebagian besar pasien adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Budi sebelumnya mengatakan beberapa sirup obat yang tersedia di Indonesia mengandung etilen glikol dan dietilen glikol, bahan yang telah dikaitkan dengan AKI fatal pada anak-anak.

Indonesia untuk sementara melarang penjualan dan resep semua obat berbasis sirup dan membentuk tim ahli yang terdiri dari pejabat kesehatan dan pediatri setempat serta perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melihat lonjakan ginjal akut di kalangan anak-anak.

Badan makanan dan obat-obatan negara itu juga telah menyebutkan lima produk buatan lokal yang mengandung kadar etilena glikol yang berlebihan dan telah memerintahkan produsen untuk menariknya keluar dari peredaran dan menghancurkan semua batch yang tersisa.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi