Gerard Pique Merasa Seperti Melepas Beban Berat dari Punggung

Gerard Pique Merasa Seperti Melepas Beban Berat dari Punggung
Gerard Pique diangkat rekan setimnya usai menyelesaikan pertandingan terkahirnya bersama Barcelona setelah memutuskan pensiun (Reuters/Albert Gea)

Analisadaily.com, Spanyol - Gerard Pique merasa terbebaskan ketika Xavi Hernandez mengeluarkannya pada menit ke-83 dalam kemenangan 2-0 atas Almeria pada Sabtu (5/11) saat dia berjalan dengan air mata disambut tepuk tangan meriah dari Camp Nou yang dipenuhi fans Barcelona.

Pique yang berusia 35 tahun mengumumkan sebelumnya, bahwa ini akan menjadi pertandingan terakhirnya di stadion bersejarah saat ia memutuskan untuk pensiun dari sepak bola ketika La Liga istirahat untuk Piala Dunia minggu depan.

“Rasanya seperti melepaskan beban berat dari punggung saya ketika saya keluar dari lapangan. Beberapa bulan terakhir benar-benar sulit dan hari ini saya merasa bebas. Itu adalah pengalaman seumur hidup yang akan saya bawa selamanya," kata Pique kepada DAZN dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Minggu (6/11).

"Saya senang telah memberikan segalanya untuk klub ini. Ada hari-hari baik dan buruk, tetapi saya bangga akan hal itu. Saya pikir saya pergi dengan pekerjaan yang diselesaikan dengan baik," sambung Pique.

Pique memulai pertandingan sebagai kapten pada hari Sabtu di musim di mana ia menghadapi kritik keras karena penampilannya yang buruk dan tidak disukai oleh pelatih Hernandez yang dilaporkan memintanya pada musim dekat untuk pergi atau pensiun.

Perekrutan bek tengah Andreas Christensen, Jules Kounde, Eric Garcia dan terobosan pemain muda Ronald Araujo telah membuat Pique tersingkir pada usia 35 tahun.

Ada tekanan tambahan terkait gajinya, yang dilaporkan terbesar di klub yang kesulitan finansial dan di mana setiap euro dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk merekrut atau mendaftarkan pemain baru yang menghadapi pengawasan Financial Fair Play La Liga.

Menurut beberapa laporan, Pique akan meninggalkan sisa satu setengah tahun gajinya, sebuah keputusan yang akan membantu Barcelona meningkatkan margin Financial Fair Play mereka.

"Pique tampil luar biasa hari ini dan sekali lagi menunjukkan bahwa semakin besar pertandingan, semakin banyak hasilnya. Saya telah mengatakan kepadanya bahwa dia adalah legenda di Barca dan kami sangat berterima kasih atas tahun-tahunnya di klub," kata Xavi kepada DAZN.

Usai pertandingan, Pique diangkat ke udara oleh rekan-rekan setimnya dan dirayakan para pendukung yang berulang kali meneriakkan "Presiden! Presiden! Presiden!" karena ia secara luas dipandang di Barcelona sebagai calon masa depan untuk mengambil alih jabatan itu.

Dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di generasinya, Pique mengoleksi 36 trofi dalam 18 tahun karirnya, termasuk empat gelar Liga Champions ditambah satu Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa bersama Spanyol.

Tapi dia juga seorang pengusaha sukses, sebagai pendiri Kosmos Holding, sebuah perusahaan yang memiliki investasi besar di E-Sports, memiliki klub divisi dua Spanyol FC Andorra dan menandatangani kemitraan 25 tahun senilai $3 miliar dengan Federasi Tenis Internasional untuk mengubah Piala Davis, di antara investasi lainnya.

Pada bulan Juni Pique mengumumkan perpisahannya dari penyanyi Kolombia Shakira dan pada bulan April dia membantah melakukan kesalahan atas keterlibatannya dalam membantu FA Spanyol mengamankan kesepakatan untuk memindahkan Piala Super Spanyol ke Arab Saudi, sebuah kesepakatan yang menghasilkan komisi $23,41 juta dari perusahaan Kosmos.

"Saya memiliki seribu hal di depan saya untuk dipilih, saya perlu mengatur diri saya sendiri. Ini rumah saya. Saya lahir di sini dan saya akan kembali. Tapi sekarang saatnya menikmati keluarga, saya akan pergi berlibur sebentar," tambah Pique.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi