Irwansyah Dorong Terbangunnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Irwansyah Dorong Terbangunnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Sekretaris Daerah Kota Binjai, Irwansyah Nasution, saat apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Senin, (21/11). (Analisadaily/Novi Dahlia)

Analisadaily.com, Binjai - Sekretaris Daerah Kota Binjai, Irwansyah Nasution, membacakan amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 dengan tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

Kata dia, tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong menghadapi situasi kesehatan di masa Covid-19. Sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia bangkit dan sehat.

Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan angka kematian Ibu (AKI) dan angka kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan jaminan kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia," ucap Irwansyah saat pimpin apel gabungan ASN Pemko Binjai sekaligus peringatan HKN ke-58 di Lapangan Apel Pemko Binjai, Senin, (21/11).

"Saya berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat," sambungnya.

Ia melanjutkan, hal ini dapat dilakukan diantaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang melakukan aktivitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun. Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup.

Kemudian mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

(NOV/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi