Akselerasikan Pertumbuhan Bisnis UMKM

Telkomsel dan Bank Sumut Jalin Kerjasama Akses KUR Lewat Platform 99% Usahaku

Telkomsel dan Bank Sumut Jalin Kerjasama Akses KUR Lewat Platform 99% Usahaku
Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit saat melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk mendukung pertumbuhan bisnis Mitra Reseller dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia (21/11 (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Telkomsel bersama Bank Sumatera Utara (Sumut) menjalin kolaborasi untuk membuka peluang akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih luas melalui platform 99% Usahaku yang merupakan bagian dari Telkomsel Enterprise, guna mengakselerasi pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Inisiatif kolaborasi ini menegaskan komitmen Telkomsel untuk terus berperan aktif dalam mendukung berkembangnya bisnis pada sektor UMKM di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah provinsi Sumatera Utara, dengan menghadirkan ragam layanan dan solusi digital yang relevan dengan pemanfaatan teknologi digital terdepan, sekaligus menunjukkan komitmen Bank Sumut dalam membantu pengembangan penyaluran KUR secara serius bagi para pelaku UMKM di Sumatera Utara. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama “Program Penawaran dan Penyaluran Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR)” oleh kedua perusahaan di Jakarta, (21/11).

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, “Telkomsel memahami bahwa masih banyak pelaku UMKM di Indonesia, termasuk di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki keterbatasan dalam mengakses kebutuhan permodalan. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, pada 2022 terdapat lebih dari 900 ribu UKM beroperasi menggerakkan roda perekonomian di provinsi tersebut. Untuk itu, sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang terus berupaya menghadirkan solusi digital dalam meningkatkan produktivitas dan mempermudah aktivitas bisnis pelanggan.Kami melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise berinisiatif menjalin kolaborasi dengan Bank Sumut dalam upaya membuka peluang akselerasi pertumbuhan bisnis Mitra Reseller dan UMKM dalam mengakses kebutuhan permodalan melalui platform 99% Usahaku.”

Dalam kerja sama Program Penawaran dan Penyaluran Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sumut dan Telkomsel melalui platform 99% Usahaku, Bank Sumut beserta para nasabah UMKM akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti meningkatkan layanan digital permohonan pinjaman KUR bagi para calon debitur, mempercepat proses penyaluran KUR Bank Sumut sesuai moto ”Mudah, Cepat, dan Tanpa Ribet”, mendapatkan data yang lebih akurat dan cepat terkait permohonan KUR, dan membuka potensi integrasi dengan aplikasi Smart Loan Bank Sumut (Aplikasi Fast) untuk mempercepat dan mempermudah proses distribusi data dan proses kredit. Platform 99% Usahaku dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menyampaikan, ”Bank Sumut berkomitmen memberikan support penuh kepada para UMKM untuk terus berkarya dan berkembang. Saya sangat mengapresiasi kesepakatan kolaborasi strategis antara Bank Sumut dan Telkomsel. Kami harapkan kerja sama ini dapat meningkatkan penyaluran KUR secara signifikan dan tepat guna. Hal yang terutama bagi kami adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian UMKM, khususnya di Sumatera Utara. Bank Sumut berkomitmen untuk membantu pengembangan penyaluran KUR secara serius bagi para pelaku UMKM di Sumatera Utara, sesuai dengan visi kami untuk menjadi bank andalan yang membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang, serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka peningkatan taraf hidup rakyat.”

Dengan terjalinnya kolaborasi Telkomsel Enterprise dan Bank Sumut, Mitra Reseller dan pelaku UMKM di Provinsi Sumatera Utara dapat dengan mudah mengakses kredit usaha dari Bank Sumut dengan bergabung ke dalam ekosistem bisnis Telkomsel. Sebagai ketentuan awal, Mitra Reseller dan UMKM perlu bergabung di platform 99% Usahaku dari Telkomsel Enterprise. Selanjutnya, Mitra Reseller dan UMKM dapat mengakses penawaran pembiayaan dengan mudah melalui carousel banner yang tersemat di platform 99% Usahaku, dan memilih jenis kredit usaha dengan variasi plafon pembiayaan hingga 500 juta Rupiah. Untuk menghadirkan kemudahan secara menyeluruh, seluruh proses pengajuan setiap produk kredit usaha di platform 99% Usahaku dapat pelanggan lakukan secara online. Khusus bagi Mitra Reseller Telkomsel, pengajuan pencairan dana kredit usaha juga dapat ditunaikan ke dalam bentuk deposito saldo DigiPOS Aja!

Kolaborasi antara Telkomsel Enterprise dan Bank Sumut ini sekaligus memperkuat kapabilitas digital platform 99% Usahaku yang secara khusus dihadirkan Telkomsel sebagai one-stop digital solution platform untuk mengakselerasi transformasi digital dan mendukung beragam kebutuhan bisnis UMKM dengan ragam layanan dan solusi digital yang berlandaskan pada lima pilar bisnis platform 99% Usahaku. Kelima pilar bisnis tersebut meliputi Pemasokku, Pemodalku, Solusiku, Inspirasiku, dan Pemasaranku. Melalui fitur ‘Pemodalku’, Telkomsel memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses produk keuangan dan menghubungkan mereka dengan para pemodal. Hingga saat ini, platform 99% Usahaku telah berhasil menyalurkan modal hingga milyaran rupiah bagi ratusan Mitra Reseller Telkomsel. Pada 2022, hingga 73 persen Mitra Reseller Telkomsel tersebut telah melakukan pinjaman berulang. Hadirnya fitur Pemodalku tersebut merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam mendorong keberdayaan UMKM agar dapat #MelesatPasti sekaligus mengakselerasi inklusivitas keuangan yang lebih merata dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat. Informasi lebih lanjut mengenai platform 99% Usahaku dapat diakses melalui 99usahaku.com.

“Kami harap dengan semakin lengkapnya produk pembiayaan KUR yang dapat pelanggan akses secara fleksibel melalui platform 99% Usahaku, Telkomsel bersama Bank Sumut dapat membuka peluang lebih luas bagi seluruh UMKM di seluruh wilayah Indonesia dalam meningkatkan produktivitas mereka. Ke depannya, Telkomsel akan terus membuka peluang kolaborasi dalam mendukung akselerasi pertumbuhan bisnis UMKM, membantu mereka untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat di masa pasca pandemi,” pungkas Sigit.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi