Kapal Pesiar MV Azamara Berlabuh di Sabang, Bawa Ratusan Wisatawan Asing

Kapal Pesiar MV Azamara Berlabuh di Sabang, Bawa Ratusan Wisatawan Asing
Kapal Pesiar MV Azamara Berlabuh di Sabang, Bawa Ratusan Wisatawan Asing (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sabang - Kapal Pesiar MV Azamara Quest yang membawa ratusan wisatawan mancanegara tiba dan singgah di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang, Kamis (8/12).

Kunjungan kapal pesiar MV Azamara Quest bisa menjadi angin segar bagi pariwisata di Kota Sabang, karena selama dua tahun lebih tidak ada kunjungan kapal pesiar ke Sabang akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Berbagai paket dan atraksi wisata menarik yang telah dipersiapkan disuguhkan kepada penumpang kapal pesiar MV. Azamara Quest yang bersandar selama 6 jam di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, bersama Kepala BPKS Junaidi dan stakeholder terkait turut menyambut kedatangan Kapal pesiar tersebut.

"Hari ini kita sangat senang sekali mendapat kunjungan dari kapal pesiar MV Azamara Quest, setelah sekian lama sejak pandemi covid tidak pernah dikunjungi oleh kapal pesiar," ujar Reza Fahlevi.

Menurutnya, ini merupakan momentum bagus bagi pariwisata Sabang, sekaligus menunjukkan bahwa Sabang siap menyambut kembali kunjungan wisawatan baik dari sisi sarana dan prasarana, maupun berbagai atraksi serta destinasi objek wisata yang bisa menarik minat wisatawan berkunjung.

Lebih lanjut dikatakan Reza Fahlevi, ada beberapa paket wisata yang sudah disiapkan bagi wisatawan kapal pesiar MV Azamara selama di berada Sabang, seperti paket wisata bahari di Iboih dan juga paket wisata ke tempat-tempat bersejarah.

“Intinya keunikan, kearifan lokal, dan orisinalitas serta wisata yang menarik, yang mereka ingin lihat di tempat kita. Selain itu juga diharapkan para wisatawan kapal pesiar ini bisa tinggal lebih lama lagi agar sektor perekonomian masyarakat bisa meningkat," harapnya.

Reza Fahlevi berharap kunjungan ini bisa menjadi momentum yang positif bagi kebangkitan pariwisata Sabang, sehingga akan memicu meningkatnya kualitas atraksi wisata, dan kunjungan wisatawan kedepan, khususnya wisatawan dari kapal pesiar.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPKS Junaidi Ali, yang mengatakan akan terus meningkatkan kunjungan kapal pesiar ke depannya dengan mengutamakan pelayanan dan perbaikan serta evaluasi di beberapa hal, terkait atraksi juga destinasi wisata lainnya.

"Terkait dengan persiapan kedatangan kapal pesiar ini, sudah kita lakukan dari beberapa bulan sebelumnya. Mulai dari SOP yang lengkap, prosedurnya, standar keamanan, dan aturan-aturan yang juga sudah berstandar internasional. Itu sudah dipersiapkan dari awal, di tahun-tahun ke depan, akan kita persiapkan lebih detail dan lebih matang lagi dari segala sisi," pungkasnya.

MV Azamara Quest adalah Kapal Pesiar yang dibuat pada tahun 2000 dan mulai beroperasi sejak 24 Oktober 2007, MV Azamara Quest yang memiliki panjang 181 meter dengan lebar mencapai 25 meter ini dapat mengangkut sekitar 710 penumpang ditambah 410 awal Kapal.

MV Azamara Quest ini pernah bersandar di Kota Sabang pada 14 November 2019 lalu. Tahun ini MV Azamara Quest akan membawa sedikitnya 486 penumpang dan 396 awak kapal.

Kapal dengan bendera Malta yang bergerak dari Sri Lanka tersebut direncanakan akan kembali singgah di Dermaga CT-3 BPKS Kota Sabang sebelum kembali menempuh perjalanan menuju Singapura.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi