Jelang Nataru, Bobby Nasution Minta OPD Terkait Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Jelang Nataru, Bobby Nasution Minta OPD Terkait Pastikan Stok Bahan Pokok Aman
Jelang Nataru, Bobby Nasution Minta OPD Terkait Pastikan Stok Bahan Pokok Aman (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dua Minggu jelang Perayaan Hari Natal, Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksi kepada OPD terkait untuk mengecek harga bahan pokok (bapok), sekaligus memastikan ketersediaannya di pasaran aman.

Jika terjadi kenaikan, menantu Presiden Joko Widodo ini minta untuk segera dilakukan penanganan sehingga masyarakat, terutama umat Kristiani di Kota Medan merasa tenang merayakan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Instruksi orang nomor satu di Pemko Medan itu langsung ditindaklanjuti Dirut Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan Suwarno. Pada Kamis (8/12), Suwarno mengecek harga bapok di basemen Pasar Petisah Medan. Berdasarkan pengecekan yang dilakukan, meski terjadi variasi harga namun masih stabil.

Cabai merah misalnya, harganya bervariasi mulai dari Rp 38.000/kg sampai Rp 50.000/kg. Variasi harga ini terjadi berdasarkan kualitasnya.

“Jika kualitas cabai merahnya biasa, harganya tentu relatif lebih murah dibandingkan dengan harga cabai merah yang kualitasnya cukup baik,” ungkap Suwarno.

Selain itu bawang merah, berdasarkan pengecekan yang dilakukan harga bawang merah mulai Rp 30.000/kg sampai Rp 32.000/kg dan harga minyak goreng (migor) Rp 14.000/liter. Sedangkan untuk harga daging sapi masih di kisaran Rp 130.000/kg.

Dari hasil diskusi dengan para pedagang yang ditemui dalam pengecekan harga yang dilakukan, mereka mengatakan harga bapok masih dikatakan stabil.

“Hanya saja menurut pengakuan para pedagang, faktor cuaca yang sering hujan dan menjelang hari besar keagamaan diprediksi dapat pula mempengaruhi kenaikan bapok,” jelasnya.

Sebagai upaya pengendalian inflasi, jelas Suwarno, berdasarkan instruksi dari Wali Kota Medan, PUD Pasar Medan akan menggelar pasar murah. Adapun komoditi yang akan dijual di pasar murah itu, diantaranya beras, migor, gula, telur dan cabai.

“Sesuai yang disampaikan Bapak Wali Kota, pasar murah ini digelar untuk menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, dan kelancaran distribusi sebagai langkah menjaga stabilitas harga menjelang Nataru. Pasar murah nanti kita gelar berkolaborasi dengan PT Pillar Grup,” paparnya.

Guna mendukung kelancaran distribusi bapok, Suwarno mengungkapkan, PT Pillar Grup nantinya akan memberi bantuan alat transportasi berupa mobil box (pick up) kepada PUD Pasar Medan.

“Kami berharap pelaksanaan pasar murah dapat dibuka Bapak Wali Kota, termasuk menerima bantuan alat transportasi tersebut,” harapnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi