Rekomendasi Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Karyawan Kontrak

Rekomendasi Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Karyawan Kontrak
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Tidak mudah buat karyawan kontrak mencari pinjaman karena berbagai syarat dan ketentuan pinjaman terutama dari bank, yang mengharuskan hanya karyawan tetap yang bisa mengajukan kredit.

Biasanya, pengajuan pinjaman mewajibkan status karyawan harus sudah permanen. Disini, banyak pengajuan kredit karyawan kontrak yang ditolak.

Namun, sekarang karyawan kontrak bisa mengajukan kredit dengan lebih mudah karena banyak fintech pinjaman online yang tidak mewajibkan status karyawan harus permanen untuk bisa mengajukan pinjaman.

Menurut Duwitmu.com, berikut ini adalah daftar pinjaman tanpa jaminan untuk karyawan kontrak, yaitu:

1. BantuSaku

Bantusaku adalah pinjaman online P2P Lending berizin OJK, yang menawarkan dana tunai, dengan proses cepat, syarat mudah dan approval instan.

Pinjaman ini cocok untuk karyawan kontrak karena persyaratan pengajuan sebagai berikut:

  1. Memiliki eKTP
  2. Memiliki rekening pribadi
  3. Memberikan informasi data pribadi dengan benar
Tidak ada ketentuan bahwa status karyawan harus pegawai tetap. Cukup unduh aplikasi, foto selfie dan isi form.

Tidak ada proses verifikasi telepon di BantuSaku. BantuSaku tidak juga meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman dan tanpa kartu kredit.

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant. Hanya beberapa menit sejak pengajuan, pihak BantuSaku sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Setelah persetujuan yang instant, dana masuk ke rekening juga cepat. Pinjaman cepat cair semacam ini cocok untuk mereka yang membutuhkan pinjaman uang sekarang.

Fitur pinjaman tanpa agunan.

  • Plafon Pinjaman uang tunai online : Rp1.000.000 - Rp20.000.000
  • Jangka waktu pinjaman : 91 - 180 hari
  • Maksimal APR: 109,5% / tahun
Bunga di BantuSaku adalah maximum 0.8% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.8% per hari.

Contoh: Jika pilih pinjaman tunai Rp 1.000.000 tenor 91 hari, maka total bunga harus dibayar: Rp1.000.000 * 0,3% * 91 = Rp273.000

Total Pinjaman yang harus dikembalikan=Rp1.000.000 +Rp 273.000= Rp1.273.000

Tidak ada potongan biaya admin dimuka saat pencairan. Nasabah menerima dana pencairan 100%.

2. KlikKami

KlikKami adalah aplikasi pinjaman online, yang tersedia di Google Play Store, sehingga hanya bisa diakses oleh pengguna Android. Aplikasi KlikKami telah berizin dan diawasi OJK.

KlikKami didirikan oleh PT. Harapan Fintech Indonesia.

KlikKami pinjaman online menyediakan 2 pilihan pinjaman, yaitu pinjaman multiguna dan pinjaman UMKM. Kedua pinjaman tersebut bersifat sebagai pinjaman tunai, atau pinjaman berupa uang yang dicairkan ke rekening peminjam.

  1. Pinjaman multiguna adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pengobatan, pendidikan, renovasi, dan lain-lain.
  2. Pinjaman UMKM adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha, seperti biaya modal usaha, biaya operasional, pengembangan usaha, dan promosi usaha.
Pinjaman UMKM bisa diajukan oleh perorangan maupun perusahaan tanpa jaminan. Nominal pinjaman UMKM tersedia mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,- dengan tenor pinjaman 1 - 6 bulan dan bunga 2% untuk semua tenor pinjaman.

Berikut ini adalah syarat pengajuan pinjaman UMKM KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Menyertakan foto tempat usaha, NPWP, rekening koran, dan Surat Izin/Surat Keterangan Usaha
KlikKami pinjaman online menyediakan pinjaman multiguna dengan pilihan nominal mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 3.000.000,-.

Pinjaman tersebut bisa diajukan tanpa agunan oleh individu dengan bunga sebesar 0.4% dan tenor selama 7-21 hari. Selain itu, bagi peminjam yang terlambat melakukan pembayaran, akan dikenai denda keterlambatan sebesar 0.8% per hari.

Berikut ini syarat pengajuan pinjaman multiguna KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Memiliki rekening bank atas nama pribadi
KlikKami menerapkan bunga yang dihitung per hari. Tidak ada potongan biaya admin dimuka.

Bunga di KlikKami adalah 0.4% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah fintech P2P sebesar 0.8% per hari.

3. Finplus

Finplus adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. FinPlus didirikan pada tahun 2018 dibawah naungan PT. Rezeki Bersama Teknologi (PT. RBT).

Jadi, perusahaan P2P ini punya legalitas yang jelas. Bukan pinjol illegal, bukan penipuan atau tidak bangkrut serta tutup.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Finplus yang bisa diunduh download secara gratis di Apps Store Google Play Store dan Apple IOS.

Buka aplikasi Finplus, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Produknya merupakan dana tunai dalam jumlah kecil serta tenor pendek, dengan fitur

  1. Limit: Rp 500 ribu sampai Rp 2.4 juta
  2. Tenor dari 91 – 120 hari
FinPlus adalah pinjaman tanpa jaminan.

Area jangkauan Finplus saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Ketentuan soal suku bunga di Finplus sebagai berikut:

Dalam keterangan di Playstore, bunga di Finplus adalah mulai dari 0,1% untuk pinjaman usaha mikro dan 0,2% untuk pinjaman harian.

Namun, sewaktu mencoba di aplikasi Finplus secara langsung, bunga adalah 0.4% per hari.

Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.4% per hari.

Finplus menerapkan potongan biaya admin dimuka, yaitu 10% dari pinjaman yang dicairkan.

Peminjam akan menerima dana pencairan yang disetujui tidak 100% secara utuh ke rekening bank peminjam. Dikurangi potongan biaya.

Simulasi Kredit. Contoh pinjaman Rp2.000.000 dengan tenor 120 hari dengan Bunga 0,2% hari?

Pembayaran kembali total Rp2.480.000 = Pinjaman Rp2.000.000 + Bunga 2.000.000 * 0,2% * 120. Jumlah pembayaran bulanan Rp620.000= Rp2.480.000 / 4

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Pinjaman

  • Warga Negara Indonesia
  • Berdomisili di wilayah Indonesia di dalam cakupan layanan Finplus
  • Berusia 21 s/d 55 tahun
  • Memiliki dan menggunakan ponsel cerdas berbasis Android
  • Memiliki bukti identitas asli berupa e-KTP
  • Memiliki email pribadi
  • Memiliki penghasilan
4. GoPay Later

GoPay Later adalah fasilitas pinjaman jangka pendek yang diberikan oleh Gojek. Fasilitas ini tersedia di saat kita akan melakukan pembayaran dengan GoPay.

GoPay Later akan memberikan limit yang nanti bisa digunakan untuk menunda pembayaran selama maksimum 1 bulan.

Limit GoPayLater adalah batas maksimum penggunaan GoPayLater yang dapat dihabiskan untuk transaksi setiap bulannya. Setiap melakukan transaksi menggunakan GoPayLater, nominal saldo limit GoPayLater akan berkurang dan masuk ke total tagihan yang harus dilunasi paling lambat di akhir bulan

Proses pengajuan sangat mudah. Tinggal ajukan GoPay Later di aplikasi Gojek dan jika disetujui pengguna akan mendapatkan limit kredit.

Daftarnya gak pake ribet, sesuai peraturan OJK, kita hanya perlu siapin e-KTP & selfie.

Limit kredit PayLater tersebut bisa digunakan untuk membayar semua transaksi dengan GoPay. Jadi daripada harus membayar sekarang, dengan GoPay Later, kita bisa bayar 1 bulan kemudian.

Tidak ada proses verifikasi kantor dan pekerjaan, tidak diminta slip gaji dan tidak ada ketentuan harus karyawan tetap.

Untuk bunga dan biaya, berlaku ketentuan sebagai berikut:

Pertama, sewaktu kita memilih GoPay Later untuk membayar maka langsung kena biaya admin sebesar Rp 25 ribu flat berapapun jumlah pinjaman yang kita ambil.

Kedua, kalau di saat jatuh tempo pada bulan berikutnya, kita tidak membayar lunas pinjaman maka akan kena bunga.

5. ShopeePay Later

ShopeePay Later (SPLater) adalah cicilan yang diberikan dalam dompet ShopeePay untuk membayar belanja online di Shopee. Ini merupakan cicilan tanpa DP dan cicilan tanpa kartu kredit.

Shopee PayLater cocok buat karyawan kontrak karena tidak ada proses verifikasi kantor, tidak ditanya sudah karyawan tetap atau belum dan tidak ada permintaan slip gaji.

Jika sering belanja di Shopee, kemungkinan besar akan bisa mendapatkan limit kredit Shopee PayLater secara otomatis di Shopee Pay.

Limit di SPLater bisa digunakan untuk membayar belanja berbagai kebutuhan. Pembayaran dilakukan secara cicilan.

Fiturnya adalah:

  • Limit kredit paylater Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
Bunga sebesar 2.95% dan mulai berlaku per tanggal 28 April 2020. Suku bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Biaya penanganan 1% per transaksi jika membayar dengan SPayLater. Biaya denda 5%, apabila terjadi keterlambatan pembayaran.

Kesempatan buat karyawan kontrak mengajukan pinjaman, sekarang lebih terbuka lebar karena fintech bisa menerima pengajuan dari semua status karyawan, termasuk kontrak.

Namun, dalam pengajarannya karyawan kontrak tetap harus memperhatikan kemampuan pembayaran mereka dalam melunasi angsuran pinjaman.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi