Cegah Penyakit Ngorok, Puluhan Ternak Sapi dan Kerbau Divaksin

Cegah Penyakit Ngorok, Puluhan Ternak Sapi dan Kerbau Divaksin
Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution bersama Kabid Peternakan saat melakuakn vaksin Septicaemia Epizootia (SE) terhadap Sapi di Desa Pidoli Lombang, Lorong Aek Galoga, Kamis (26/1). (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Panyabungan - Puluhan ternak Sapi dan Kerbau di Kabupaten Mandailing Natal mendapatkan vaksin Septicaemia Epizootia (SE) dari Dinas Pertanian. Pemberian vaksin, vitamin dan anti biotik sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit penyakit ngorok yang menyerang Sapi dan Kerbau.

Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution, mengatakan hingga saat ini sudah 72 ternak yang sudah di vaksin di kabupaten itu.

"Hingga hari ini sudah 72 ternak yang sudah kita vaksin," ujar Siar dilansir dari Antara, Kamis (26/1).

Siar merinci, ke 72 hewan yang divaksin itu berada dibawah naungan Puskeswan Panyabungan dan Puskeswan Bukit Malintang.

"Ternak yang sudah kita vaksin itu terdiri dari 52 ternak di wilayah Puskeswan Panyabungan dan 17 ternak di wilayah Puskeswan Bukiit Malintang" katanya.

Siar berharap dengan adanya penyuntikan vaksin itu nantinya ternak mendapatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian ternak akan tercegah dari penyebaran virus penyakit ngorok itu.

Kata Siar, selain memaksimalkan penyuntikan di wilayah Mandailing Godang, pemberian vaksin ini juga akan dilakukan di daerah Kecamatan Kotanopan dan wilayah Kecamatan Natal. Berdasarkan informasi yang dihimpun, hingga saat ini sudah ada delapan ternak yang mati akibat terjangkit penyakit itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi