Konvensi Nasional Media Massa Rangkaian HPN 2023, ‘Peluang Pers di Tahun yang Menantang’

Konvensi Nasional Media Massa Rangkaian HPN 2023, ‘Peluang Pers di Tahun yang Menantang’
Konvensi Nasional Media Massa Rangkaian HPN 2023, ‘Peluang Pers di Tahun yang Menantang’ (Analisadaily/Efendi Lubis)

Analisadaily.com, Medan - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut), bersama PWI se-Indonesia, ikut sebagai peserta kegiatan Konvensi Nasional Media Massa, dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Rabu (8/2) di Ball room Hotel Grand Mercure, Medan.

Konvensi Nasional Media Massa Tahun 2023 mengusung tema ‘Peluang Pers Di Tahun Yang Menantang’, dihadiri Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dan para pemilik media.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, memasuki 2023 ditandai dengan tahun yang sulit bagi media di Indonesia. Antara lain karena sejumlah media cetak sudah lebih usianya 25 tahun, akhirnya memilih meninggalkan cerita cetaknya. Sepenuhnya kini menjadi digital atau terbit atau tidak terbit sama sekali.

“Mereka terdistrupsi secara digital dan diperparah oleh pandemi Covid-19. Tahun 2023 juga menjadi awal negara ini memasuki tahapan Pemilu 2024. Tahun politik telah tiba yang biasanya diwarnai kegaduhan, ketidakpastian, dan tentunya juga akan berpengaruh terhadap dunia pers, baik ruang redaksi maupun terhadap bisnis pers itu sendiri,” ucapnya.

Menurut Atal, secara global di 2023, dunia masih diwarnai ketidakpastian, karena konflik dan peperangan antar negara masih terjadi. Kondisi ini menyeret ekonomi dunia dalam situasi yang tidak menentu. Bahkan sejumlah negara akan dilanda krisis publik, krisis energi dan krisis kesehatan, yang juga menggulingkan media, meskipun memberikan materi liputan yang menarik.

“Itulah tantangan yang akan dihadapi media hingga 2024 mendatang. Tetapi setiap ada tantangan maka juga akan muncul peluang. Orang sukses adalah orang yang bisa mengubah tantangan menjadi peluang,” sebutnya.

Karena itulah Konvensi Media Massa pada HPN 2023 mengambil tema ‘Peluang Di Tahun Yang Menantang’. Para narasumber berbagi trik bagaimana bisa mengubah tantangan menjadi peluang, dengan tetap menjaga independensi media dan sikap profesionalisme wartawan.

(FEL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi