Gempa Turki-Suriah, PBB: 50.000 Orang Meninggal Dunia

Gempa Turki-Suriah, PBB: 50.000 Orang Meninggal Dunia
Orang-orang berdiri di dekat bangunan yang hancur akibat gempa baru-baru ini di Aleppo, Suriah, pada 27 Februari 2023 (AP/Omar Sanadiki)

Analisadaily.com, California - Gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah telah menewaskan sedikitnya 50.000 orang dengan lebih banyak lagi yang terluka, puluhan ribu masih hilang dan ratusan ribu kehilangan tempat tinggal.

Secretary-General for Humanitarian Affairs and Emergency Relief Coordinator at the United Nations, Martin Griffiths, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa tiga minggu setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda Turki selatan dan Suriah utara, diikuti gempa susulan yang kuat termasuk pada hari Senin (27/2). Skala bencana sekarang jauh lebih jelas, setidaknya 44.000 orang telah tewas di Turki dan 6.000 di Suriah terutama di barat laut yang dikuasai pemberontak.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan permohonan kilat PBB untuk US$397,6 juta untuk membantu korban gempa Suriah didanai 42 persen dan permohonan US$1 miliar untuk korban di Türkiye hanya didanai 7,4 persen - dan ini hanya mencakup kebutuhan darurat untuk tiga bulan ke depan.

Griffiths mengatakan pada pertemuan dewan yang berfokus pada Suriah bahwa sebelum gempa bumi, 15,3 juta orang - 70 persen dari populasi negara itu - membutuhkan bantuan kemanusiaan, dan dia mengatakan dia melihat selama kunjungan pasca gempa bahwa dalam kondisi musim dingin yang keras seluruh lingkungan telah hancur.

“Penilaian awal menunjukkan 5 juta orang di Suriah membutuhkan tempat tinggal dasar dan bantuan non-pangan. Di banyak daerah, empat hingga lima keluarga ditampung dalam tenda, tanpa fasilitas khusus untuk orang lanjut usia, penderita penyakit kronis, atau penyandang disabilitas," ucapnya dilansir dari AFP dan Chanel News Asia, Rabu (1/3).

Selain itu, Griffiths memberi tahu anggota dewan bahwa ratusan bangunan berisiko tinggi runtuh, ribuan lainnya mungkin perlu dihancurkan, risiko penyakit meningkat di tengah wabah kolera pra-gempa, dan harga makanan serta barang-barang penting lainnya menurun. mendaki lebih tinggi.

“Perempuan dan anak-anak menghadapi peningkatan pelecehan, kekerasan dan risiko eksploitasi dan kebutuhan akan dukungan psikososial sangat besar,” katanya.

Griffiths mengatakan mesin perlu diimpor ke Suriah untuk membersihkan puing-puing, peralatan diperlukan untuk rumah sakit darurat, dan peralatan diperlukan untuk memulihkan akses ke air minum.

“PBB sedang bekerja untuk mengatasi hambatan yang tidak diinginkan yang ditimbulkan oleh sanksi dan undang-undang kontraterorisme, termasuk rintangan pengadaan dan penundaan bahan untuk memperbaiki infrastruktur penting, pasokan medis, atau peralatan keamanan untuk operasi kami,” katanya.

Adapun Türkiye, dua gempa bumi yang sangat besar pada 6 Februari "menyebabkan kerusakan fisik langsung sekitar US $ 34,2 miliar", setara dengan 4 persen dari PDB 2021 negara itu, menurut laporan penilaian kerusakan cepat Bank Dunia yang dirilis Senin.

Laporan itu mengatakan biaya pemulihan dan rekonstruksi akan jauh lebih besar, berpotensi dua kali lebih besar, dan kerugian PDB yang terkait dengan gangguan ekonomi juga akan menambah biaya gempa bumi.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi