Pakan Mahal, Harga Ayam Potong Alami Kenaikan

Pakan Mahal, Harga Ayam Potong Alami Kenaikan
Ayam potong (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Medan - Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara mengalami kenaikan akibat mahalnya harga pakan dalam dua pekan.

Harga ayam potong saat ini di Pasar MMTC dan Pasar Brayan dijual sekitar Rp31.000 per kg hingga Rp31.500 per kg. Sebelumnya dijual di angka Rp26.000 per kg hingga Rp28.000 per kg.

Seorang pedagang ayam di Pasar Brayan, Toni, mengatakan kenaikan pakan ternak berdampak pada kenaikan harga ayam potong, namun kenaikan tersebut tidak mempengaruhi dagangannya.

"Harga ayam sudah seminggu lebih naik, karena pakan nya naik, cuman untuk penjualan kami aman aman aja," ujar Toni dilansir dari Antara, Jumat (10/3).

Sementara untuk harga bahan pokok lainya relatif stabil. Harga komoditas sayuran seperti bawang merah ukuran sedang Rp30.000 per kg, bawang putih ukuran sedang Rp26.000 per kg,

Sedangkan, cabai merah dan cabai rawit mengalami tren penurunan, cabai merah Rp.30.0000 per kg dan cabai rawit Rp26.000 per kg.

Seorang pedagang di Pasar MMTC, Bima mengatakan saat ini harga bahan pokok cukup stabil, sama halnya dengan jumlah pembeli.

"Harganya segini segini aja dari seminggu yang lalu, pembelinya pun juga kayak gini aja, belum ada peningkatan," ujarnya.

Kestabilan harga juga dialami daging sapi, terpantau mulai dari tanggal 2 Maret hingga saat ini harga daging sapi dijual berkiasaran Rp130.000 per kg.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi