Petani Kopi Harus Terus Meningkatkan Kualitas

Petani Kopi Harus Terus Meningkatkan Kualitas
Petani kopi (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumatera Utara, Saidul Alam, meminta petani kopi tetap konsisten menjaga bahkan terus meningkatkan kualitas produksi kopinya sehingga kopi nusantara dapat menjadi idola bagi penikmat kopi dalam dan luar negeri.

Menurut dia, kualitas merupakan salah satu instrumen penting bagaimana kopi dalam negeri, khususnya dari Sumatera Utara dapat terus disukai penikmat kopi luar negeri. Artinya, petani kopi harus tetap konsisten dalam merawat dan memproduksi kopinya sesuai dengan standar kesehatan yang lebih baik lagi dari masa ke masa.

"Karena kopi adalah bahan makanan yang pasti diharapkan oleh konsumen produknya yang higienis dan aman untuk dinikmati oleh pecinta kopi," kata Saidul dilansir dari Antara, Sabtu (11/3).

Menurut dia kopi Indonesia tetap menjadi idola di luar negeri, sepanjang petani memproduksi sesuai standar yang telah ada dan keinginan pasar dunia

"Pasti ada SOP yang sudah harus di pahami oleh tiap produsen. Nah kalau SOP nya dijalankan sebagaimana mestinya, mudah-mudahan kopi Indonesia tetap menjadi incaran luar negeri," katanya.

Terkait permintaan luar negeri selama pandemi COVID waktu lalu, menurut dia, tidak berpengaruh. Hal ini tentunya tidak terlepas dari cukup baiknya petani Indonesia menjaga kualitas kopi hasil produksinya.

"Alhamdulillah, untuk produk kopi, permintaan tidak berpengaruh dengan COVID-19, karena orang masih tetap minum kopi," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi