Pendataan SP2022 Long Form Selesai, Dapat Dimanfaatkan Masyarakat Luas

Pendataan SP2022 Long Form Selesai, Dapat Dimanfaatkan Masyarakat Luas
Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Sensus Penduduk (SP) 2020 Long Form telah selesai dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara (BPS Sumut).

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin mengatakan, sensus ini merupakan lanjutan dari Sensus Penduduk 2020 dengan mekanisme Long Form, karena variabelnya lebih banyak dengan menyasar sekitar 221.632 sampel rumah tangga atau keluarga di kabupaten/kota, atau 13.852 blok sensus dengan 4.128 petugas lapangan.

Pada tahun 2022, tepat 1 dekade bonus demografi Sumut, BPS berkomitmen menyelesaikan amanat untuk melaksanakan Sensus Penduduk Lanjutan (Long Form 2020) dengan berbagai tantangan di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan kerja keras seluruh pihak, pendataan SP2022 Long Form telah selesai dan detail," kata Hasan, sapaan akrab Nurul Hasanudin, dalam Sosialisasi Hasil Long Form (LF) SP2020 Provinsi Sumut di Cambridge Hotel Medan, Senin (20/3).

Disebutkan Hasan, meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, terdapat beberapa inovasi yang diterapkan dalam Long Form SP2020. Salah satunya dengan penggunaan berbagai moda pendataan (PAPI, CAPI dan CATI).

"Dan untuk pertama kalinya Computer Assisted Telephone Interviewing atau CATI diterapkan dalam sejarah sensus penduduk di Sumut," sebutnya.

Sangat Penting

Sosialisasi Hasil Long Form (LF) SP2020 Provinsi Sumut di Cambridge Hotel Medan, Senin (20/3) (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Hasan menuturkan, SP2020 Long Form sangat penting untuk menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya. Dengan tujuan untuk menghasilkan indikator SDG’s dan RPJMN di bidang kependudukan.

"Nantinya hasil SP2022 Long Form disajikan secara ringkas dalam booklet Indikator Kependudukan Hasil SP2022 Long Form," terangnya.

Sementara itu, cakupan data dasar dari angka Hasil SP2022 Long Form adalah indikator fertilitas, mortalitas, mobilitas, ketenagakerjaan, disabilitas, pendidikan, dan perumahan.

"Variabel yang digunakan dalam Sensus Penduduk 2020 Long Form bisa menjawab berbagai isu tentang kependudukan, sehingga perencanaan pembangunan di bidang kependudukan bisa dirancang lebih baik," ungkap Hasan.

Diharapkan, data yang tersaji hasil SP2020 Long Form dapat dimanfaatkan stakeholder terkait. Data sensus ini akan lebih berarti jika tidak hanya mengisi perpustakaan atau sebagai data BPS, tetapi dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

"Harapannya juga, dapat menjadi dasar penentuan kebijakan pembangunan Sumatera Utara menuju Indonesia Emas 2045," tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi