Harga Mobil Bekas Murah, Apakah Berkualitas?

Harga Mobil Bekas Murah, Apakah Berkualitas?
Harga Mobil Bekas Murah, Apakah Berkualitas? (Istimewa)

Saat ini jual beli mobil bekas murah sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Di Indonesia, jual beli mobil bekas hampir menjadi tren. Ribuan mobil bekas murah dijual setiap tahun, membuat pasar ini sangat menarik. Lantas apa yang membuat pasar mobil bekas tumbuh begitu cepat? Apa keuntungan dan kerugian dari jual beli mobil bekas? Di mana Anda dapat membeli mobil bekas berkualitas baik? Artikel ini akan memberikan informasi yang berguna bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas.

Jumlah mobil di Indonesia mencapai sekitar 17,2 juta unit pada akhir 2022. Data ini tercatat dalam laporan Statistik Indonesia 2023 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut laporan tersebut, selama periode 2012-2022 jumlah mobil penumpang di dalam negeri sudah bertambah 6,74 juta unit atau tumbuh sekitar 65%. Angka-angka di atas menunjukkan bahwa permintaan mobil di Indonesia sangat besar, yang berarti pasar mobil bekas juga berkembang sejak saat itu.

Selain itu, setiap tahun perusahaan mobil meluncurkan model-model baru dengan teknologi yang semakin canggih dan desain yang indah. Permintaan mobil baru juga semakin meningkat membuat jumlah mobil bekas semakin banyak, sehingga pasokan mobil bekas selalu melimpah.

Keuntungan Dan Risiko Beli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas atau baru adalah salah satu hal yang paling membingungkan saat membeli mobil. Karena dibandingkan dengan mobil baru, membeli mobil akan memiliki banyak manfaat namun juga memiliki resiko tertentu. Jadi haruskah Anda membeli mobil bekas?

Keuntungan membeli mobil

  • Harga mobil bekas murah
Harga mobil bekas jauh lebih murah daripada mobil baru. Karena mobil yang baru dibeli pun hanya dipakai sebentar, mobil tersebut sudah mengalami penyusutan sebesar 7% - 15%.

Menurut metode penghitungan nilai mobil bekas yang biasa, rata-rata sebuah mobil akan kehilangan 15% - 25% nilainya pada tahun pertama setelah membeli yang baru. Artinya jika Anda membeli mobil bekas selama 1 tahun, Anda dapat menghemat 15% - 25% dari jumlah tersebut dibandingkan dengan membeli mobil baru. Di tahun-tahun berikutnya, mobil bekas seringkali terdepresiasi 5% - 10% pertahun.

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin memiliki mobil, membeli mobil bekas sangatlah wajar. Dengan memilih mobil bekas, pembeli bisa menghemat banyak biaya dibandingkan dengan membeli mobil baru. Kebanyakan orang memilih membeli mobil bekas karena harga mobil bekas murah.

Dengan budget 50 juta Anda sudah bisa memiliki beberapa model seperti Hyundai Atoz AT 2000, Chevrolet Aveo LT AT 2004, Toyota Calya Tipe G MT 2017 dll. Harga mobil bekas murah namun tetap menjamin kualitas dan memenuhi kebutuhan banyak pembeli.

  • Ada lebih banyak pilihan
Saat membeli mobil baru, dengan budget tertentu, pembeli hanya bisa memilih dari kelompok mobil tertentu. Semakin rendah jumlah pembelian mobil, semakin sedikit pilihannya. Tetapi jika Anda membeli mobil bekas, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan, bahkan mobil high-end. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih membeli mobil mewah bekas ketimbang mobil baru. Harga mobil bekas murah tapi masih memastikan kualitas dan beragam pilihan.

  • Depresiasi rendah
Dalam 1-3 tahun setelah pembelian, mobil baru terdepresiasi dengan sangat cepat. Setelah 3 tahun pertama, mobil beru bisa kehilangan hingga 20% - 35% dari nilai saat dibeli. Sedangkan nilai mobil bekas biasanya lebih stabil, tingkat depresiasinya lebih rendah. Bahkan ada kemampuan untuk "menaikkan harga" jika model ini disukai.

  • Cocok untuk pengemudi baru
Dengan mentalitas yang tidak stabil saat menikung, parkir, atau pengoperasian pengemudi baru, benturan dan goresan sangat sulit dihindari. Jika Anda memiliki mobil bekas, pengemudi akan merasa lebih nyaman dan nyaman daripada mengendarai mobil baru.

Risiko beli mobil bekas

Apakah ada risiko saat membeli mobil bekas? Ini adalah sesuatu yang diminati semua orang. Jawabannya pasti ada karena tidak ada yang 100% sempurna.

  • Sulit untuk memeriksa kualitas mobil bekas
Dengan berbagai trik canggih, mobil yang rusak karena kecelakaan atau terkena air masih bisa diperbaiki seperti baru, sehingga membuat pembeli kesulitan untuk memilih membeli mobil bekas. Jika ini bukan mobil baru, sulit untuk memeriksa dan menilai kualitasnya secara akurat. Bahkan para ahli dan pekerja terampil hanya dapat menentukan kualitas saat ini. Belum lagi, mobil bekas seringkali tidak memiliki masa garansi atau masa garansi yang singkat.

  • Risiko ditipu saat beli mobil bekas
Saat membeli mobil baru, pembeli akan langsung bekerja sama dengan dealer, berdasarkan komitmen dan syarat kontrak. Karena itu, keamanannya sangat tinggi. Sebagian besar transaksi jual beli mobil bekas dilakukan melalui perantara dan pusat retail atau bahkan antar individu. Oleh karena itu, pembeli tidak mengantisipasi pemalsuan dokumen dan STNK. Harga mobil bekas murah juga memiliki resiko yang besar. Pembeli harus berhati-hati dengan mobil yang dijual dengan harga yang sangat rendah karena mobil ini dapat diselundupkan atau mobil pencuri.

  • Biaya perbaikan dan perawatan yang mahal
Mobil-mobil bekas tentunya mesinnya tidak akan sebagus aslinya. Bahkan untuk model lama, kerusakan sering terjadi jika tidak dirawat secara rutin. Setelah masa pemakaian, pengguna harus rutin merawat dan mengganti suku cadang kendaraan. Artinya, biaya perawatan akan meningkat seiring waktu penggunaan. Apalagi untuk mobil dengan masa pakai 5-10 tahun, biaya perawatannya sangat tinggi. Belum lagi mengganti suku cadang tidak mudah. Ada bagian yang tidak tersedia, harus memesan dari pabrik dan menunggu lama.

  • Pengalaman penggunaan kendaraan rendah
Bergantung pada waktu, tingkat "degradasi" mobil berbeda-beda. Dari eksterior, interior, cat atau bahkan mesin. Tentu saja, pengalaman pengguna juga sangat berkurang. Selain itu, beberapa model mobil sudah ketinggalan zaman, tidak dilengkapi dengan teknologi modern, membuat pengalaman berkendara penggunanya juga ikut terpengaruh.

Di mana membeli mobil bekas berkualitas?

  • Beli mobil bekas murah di perusahaan
Saat memilih membeli mobil bekas di perusahaan, pembeli akan mengurangi risiko yang tidak perlu dan merasa lebih aman saat menggunakannya. Keuntungan membeli mobil bekas dari perusahaan adalah: Kualitas mobil terjamin, asal usul jelas, informasi kendaraan transparan, harga tercantum, prosedur jual beli yang benar, dan garansi asli.

Selain banyak keuntungan, membeli mobil bekas di perusahaan juga memiliki beberapa kekurangan seperti: Harga mobil lebih tinggi dari pasaran, proses pengurusan berkas cukup sulit dan sedilit model untuk dipilih, dalam beberapa kasus, mobil sudah dalam kondisi capek.

  • Beli mobil bekas murah online
Seiring dengan perkembangan internet, bentuk belanja online, khususnya e-commerce, lambat laun juga semakin populer. Mobil sarana transportasi paling populer di Indonesia tidak terkecuali tren itu. Mobil bekas mulai muncul di situs e-commerce khusus, bukan hanya situs iklan baris atau grup di internet.

Banyak website lahir untuk melayani kebutuhan pengguna untuk jual beli mobil bekas. Di tengah “hutan” website tentang jual beli mobil bekas, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa website tidak berkualitas dan memberikan informasi palsu yang merugikan pengguna. Memahami hal itu, Mobilmo lahir dengan tujuan untuk memberikan informasi yang paling tepat, akurat, dan terbaru tentang pasar mobil bekas kepada semua orang. Harga mobil bekas murah, penilaian kualitas mobil yang akurat, pembaruan terus menerus pada model dan harga mobil bekas, Mobilmo percaya diri untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna. Jika Anda berencana membeli mobil bekas murah, Mobilmo.com akan menemani Anda.

Singkatnya, membeli mobil baru atau bekas akan memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Jika Anda ingin menghemat uang, merasakan mobil kelas atas dengan harga murah dan tidak keberatan mengambil risiko, membeli mobil bekas adalah pilihan yang tepat. Selama Anda berhati-hati, Anda akan memiliki mobil yang memuaskan.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi