Penyelundup Manusia Gunakan TikTok untuk Promosikan Layanan mereka

Penyelundup Manusia Gunakan TikTok untuk Promosikan Layanan mereka
Seorang migran di Meksiko memeriksa TikTok untuk saran bepergian ke Amerika Serikat (AFP/CLAUDIO CRUZ)

Analisadaily.com, Mexico City - Sebuah foto yang diposting ke TikTok menunjukkan sekelompok orang berpakaian kamuflase, berharap untuk berbaur dengan tumbuhan yang menghiasi lanskap malam hari di gurun Meksiko. Gambar itu tidak diunggah oleh influencer media sosial pada liburan petualangan, itu adalah iklan penyelundup manusia.

Penjahat yang paham teknologi menggunakan aplikasi berbagi video yang populer menimbulkan tantangan yang semakin besar bagi otoritas Meksiko dan AS yang memerangi krisis migrasi regional.

"Berangkat akhir pekan ini, orang-orang dari Meksiko yang tertarik menyeberang ke Amerika Serikat, tinggalkan pesan Anda," kata postingan TikTok.

Akun lain yang menawarkan untuk menyelundupkan migran gelap melalui negara bagian Tamaulipas yang dilanda kekerasan di Meksiko menunjukkan foto anak di bawah umur di perahu karet di sungai.

"Kami juga membuat penyeberangan dengan anak-anak dan keluarga," katanya.

Investigasi AFP menemukan lusinan akun serupa di seluruh wilayah, termasuk di Guatemala, Kolombia, dan Ekuador.

Dan menggunakan tagar #pollero - istilah slang untuk penyelundup manusia, satu akun menawarkan "pekerjaan aman" bagi pengemudi di negara bagian Arizona barat daya AS dengan pembayaran hingga US$15.000.

"Jika Anda memiliki mobil dan ingin mendapatkan uang dengan mudah, kirimkan surat kepada saya," kata sebuah pesan dalam bahasa Inggris.

Iklan tersebut melanggar aturan resmi TikTok, yang melarang "promosi dan fasilitasi kegiatan kriminal".

"Menjaga keamanan komunitas kami adalah tanggung jawab yang kami ambil dengan sangat serius," kata juru bicara aplikasi tersebut kepada AFP.

"Kami tidak mentolerir konten yang mempromosikan eksploitasi manusia, termasuk perdagangan manusia," tambahnya.

Menurut TikTok, pada kuartal ketiga tahun 2022, perusahaan tersebut menghapus 82 persen video yang terkait dengan praktik kriminal atas inisiatifnya sendiri.

Berusaha untuk menangkis seruan agar aplikasi tersebut dilarang di Amerika Serikat selama itu tetap menjadi perusahaan China, kepala eksekutif TikTok Chew Shou Zi akan bersaksi di depan anggota parlemen AS pada Kamis (23/3).

Dia akan menyangkal bahwa aplikasi tersebut telah, atau akan pernah, berbagi data dengan pemerintah China , menurut pernyataan yang disiapkannya yang disediakan oleh Komite Energi dan Perdagangan DPR.

Di Meksiko, pihak berwenang telah membentuk sel khusus untuk melawan ancaman penyelundup manusia di media sosial.

Di sebuah ruangan penuh komputer di Mexico City, puluhan ahli dari Badan Investigasi Kriminal pemerintah telah memantau akun media sosial sejak 2017.

Papan mencantumkan orang-orang yang diminati dan aktivitas online mereka.

Unit tersebut telah terlibat dalam sekitar 300 investigasi perdagangan manusia, kata Rolando Rosas, kepala pusat komunikasi di Polisi Kementerian Federal, bagian dari Kantor Kejaksaan Agung.

Di Meksiko, "perusahaan layanan digital wajib menyerahkan informasi ketika ada kejahatan," ujarnya menyambut baik kerjasama yang baik dengan platform media sosial.

Kepala unit, Benjamin Oviedo, mengatakan pihaknya mengintervensi, misalnya ketika pembayaran kepada pedagang manusia disepakati atau dilakukan melalui internet. Tapi iklannya tidak selalu nyata.

“Banyak hal yang kami temukan terkadang bisa menjadi penipuan,” kata Rosas.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada bulan Februari, TikTok digunakan oleh penyelundup manusia sebagai cara untuk mempromosikan kasus penyeberangan tidak teratur yang berhasil.

Ia memperingatkan bahwa kejahatan tersebut membuka pintu bagi orang lain, seperti eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur.

Organisasi itu mensurvei lebih dari 500 migran dalam perjalanan, di mana hampir dua pertiganya mengatakan bahwa mereka telah mengakses telepon pintar dan internet selama perjalanan.

Mengangkut migran melalui jalan darat, seringkali dengan mobil van atau berdesakan di belakang truk, terkadang tanpa ventilasi, adalah salah satu metode tercepat namun paling berbahaya yang digunakan oleh penyelundup manusia.

Lebih dari 7.600 migran tewas atau hilang saat transit di Amerika sejak 2014, menurut IOM.

Dari jumlah tersebut, hampir 1.000 adalah akibat kecelakaan kendaraan atau terkait dengan transportasi berbahaya, kata badan PBB itu.

TikTok juga digunakan oleh para migran untuk saling berbagi saran tentang cara bertahan dalam perjalanan berbahaya ke Amerika Serikat.

Andrea, 25, dan temannya Beatriz, 29, yang meninggalkan Venezuela pada bulan Oktober, menggunakan aplikasi tersebut untuk menemukan rekomendasi perjalanan melalui zona bahaya seperti Darien Gap, sebuah kawasan hutan yang tidak ramah di perbatasan Kolombia-Panama.

Kini di Meksiko, Andrea yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya mengeluarkan ponselnya untuk menunjukkan profil seorang wanita muda yang berhasil mencapai Amerika Serikat dan membuat blog perjalanan.

Dia memberikan rekomendasi tentang apa yang harus dikemas dan obat apa yang harus dibawa -- nasihat yang terkadang, tetapi tidak selalu, berguna, kata Beatriz.

"Pengalaman setiap orang sangat pribadi," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi