Edy Rahmayadi Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Relatif Stabil

Edy Rahmayadi Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Relatif Stabil
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memastikan harga kebutuhan pokok relatif stabil menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Saat ini, sampai dua minggu ke depan, harga bahan pokok terkendali," kata Edy Rahmayadi di Medan, dilansir dari Antara, Rabu (19/4).

Edy Rahmayadi juga tidak menampik, di momen hari besar keagamaan, biasanya harga bahan pokok mengalami kenaikan karena tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok tersebut.

"Perhitungan saya, harga kebutuhan itu naik paling di sekitar 2,5 persen hingga 3 persen, kenapa itu, permintaan meningkat, pastinya naik, tetapi ini semua tetap kendali," katanya.

Pantauan di Pasar Sukaramai dan Pasar MMTC, Kota Medan, harga bahan pokok seperti, minyak goreng kemasan Rp 23.000, beras Rp 11.000 per Kilogram, gula pasir Rp 16.000 per Kg, daging ayam Rp 28.500 per Kg, dan daging sapi Rp 140.000 per Kg.

Di sisi lain, Pemprov Sumut juga memastikan pasokan daging sapi di Sumut aman dari virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Sumut, Lies Handayani mengatakan, Pemprov Sumut bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota melaksanakan dan memperketat pos pemantaun lalu lintas hewan, dan ini sudah berlangsung dari tahun lalu.

"Tahun ini dilaporkan kabupaten/kota untuk penyakit PMK sudah sangat menurun. Di setiap perbatasan provinsi sudah ada cek poin yang memastikan ternak bebas PMK, jadi setiap ternak yang masuk atau keluar provinsi akan terdeteksi virus PMK hewan tersebut," Lies Handayani menandaskan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi