Pembentukan Karakter Lewat Pelatihan Jadi Penguat Soft Skill Mahasiswa

Pembentukan Karakter Lewat Pelatihan Jadi Penguat Soft Skill Mahasiswa
Sosialisasi dan Pelatihan Keselamatan Kerja (K3) bagi perguruan tinggi swasta di Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Wilayah I (LLDikti I) Sumatera Utara (Sumut) bersama Wasis Kerja Gemilang menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Keselamatan Kerja (K3) bagi perguruan tinggi swasta.

Peserta pelatihan dan sosialisasi dihadiri oleh 50 perwakilan perguruan Tinggi Swasta yang tersebar di Sumut, yang digelar di Aula Lantai II, Kantor Growth Center LLDikti I, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Deliserdang.

"Sosialisasi dan Penawaran Kerjasama Pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3 Umum), Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dasar (K3 Dasar), Emergency Response Plan (ERP), Hiperkes Dokter dan Paramedis penting dilaksanakan sebagai bekal tuntutan pasar untuk mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja," kata Kepala LLDikti I Sumut, Prof. Saiful Anwar Matondang, Sabtu (6/5).

Komisaris Wasis Kerja Gemilang, Abdul Muin Pulungan menyampaikan, norma-norma dan kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja sudah seharusnya ditanamkan pengetahuannya bagi para mahasiswa sebagai angkatan kerja baru berkompetensi.

"Selain pendidikan formal, tentunya mahasiswa perlu penerapan pendidikan non formal sebagai pendidikan alternatif yang perannya tak kalah penting seperti kegiatan kita ini melakukan pembekalan atau pelatihan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3 Umum), Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dasar (K3 Dasar), Emergency Response Plan (ERP), Hiperkes Dokter dan Paramedis," kata Abdul Muin.

Lebih lanjut Abdul Muin menyampaikan pembentukan karakter lewat pelatihan menjadi penguat soft skill mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja atau angkatan kerja perguruan tinggi.

"Dirasa sangat penting materi nonformal untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan mengetahui tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja sebagai alat tekan meminimalisir angkat kecelakaan kerja dalam dunia industri maupun perusahaan," ucap Abdul Muin.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi