Tim Wasev Mabes TNI Dukung Upaya Satgas TMMD Turunkan Kasus Stunting

Tim Wasev Mabes TNI Dukung Upaya Satgas TMMD Turunkan Kasus Stunting
Tim Wasev Mabes TNI Dukung Upaya Satgas TMMD Turunkan Kasus Stunting (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Sergai - Ketua Tim Wasev Mabes TNI, Mayjen TNI Darmono Susastro, mendukung segala langkah dan upaya penurunan stunting yang ditempuh Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DA bekerja sama Dinas Kesehatan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai).

Hal itu disampaikan Mayjen Darmono di sela-sela peninjauan sasaran fisik dan non fisik kegiatan TMMD ke-116 Kodim 0204/DS di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, Selasa (16/5).

Menurutnya penyuluhan kesehatan untuk menurunkan kasus stunting seperti ini sangat penting, karena penurunan stunting bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan.

Pati TNI AD abituren Akmil 1988-B itu berharap, kegiatan penyuluhan seperti ini bisa kembali dilakukan dan tidak hanya saat TMMD, tapi juga dalam kesempatan yang lainnya.

"Saya harapkan koloborasi Kodim 0204/DS dengan Pemkab Serdang Bedagai bisa semakin diperkuat dalam upaya menurunkan kasus stunting, terutama kepada bagi remaja, calon pasangan usia subur/calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu dengan anak usia 0-59 bulan," kata Mayjen Darmono.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya menjelaskan, dalam percepatan penurunan stunting di kabupaten tanah bertuah negeti berdab ini pihaknya terus membangun kemitraan dan kerja sama dengan Kodim 0204/DS maupun pihak lainnya.

"Kerja sama yang dilakukan antara lain pembangunan/rehabilitasi Poskesdes/Polindes dan Posyandu, konseling dan penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita, perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui, pembangunan sanitasi dan air bersih, pembangunan MCK, pelatihan dan pembinaan kader pencegahan stunting," sebut Darma Wijaya.

Turut mendampingi Aspers Kasad dalam kegiatan ini,antara lain Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, Danrem 022/PT, Kolonel Inf Luqman Arief, Aster Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, Aspers Kasdam I/BB, Kolonel Inf Krido Pramono, Pabandya Sterad, Letkol Inf Yusuf Dody Sandra, dan Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, yang juga Dandim 0204/DS serta unsur Forkopimda Serdang Bedagai lainnya.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi