Rute Kereta Api dari Bandara Kualanamu Diperpanjang hingga Stasiun Binjai

Rute Kereta Api dari Bandara Kualanamu Diperpanjang hingga Stasiun Binjai
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) saat meninjau Stasiun Binjai, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023) (ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pengoperasian kereta api dari Bandara Kualanamu, Deliserdang, diperpanjang hingga ke Stasiun Binjai.

Dikatakan Menhub, hal itu sebagai salah satu pengembangan angkutan massal perkotaan di Sumatera Utara (Sumut). Saat ini, kereta bandara dari Bandara Kualanamu sudah beroperasi hingga Stasiun Medan.

Dengan diperpanjang hingga Stasiun Binjai maka akan ada penambahan perjalanan sepanjang 23 kilometer (km). Menhub mengatakan, akan terus meningkatkan headway atau waktu tunggu antarkereta bandara 15 menit sekali.

"Kami ingin memberikan kesempatan saudara kita yang di Binjai bisa langsung ke bandara menggunakan kereta. Insya Allah bisa kami laksanakan di bulan Desember ini," kata Menhub dalam kunjungannya ke Stasiun Binjai, Selasa (17/5).

Dilansir dari Antara, Rabu (18/5), Kemenhub ingin memastikan fasilitas angkutan massal komuter di Kota Medan dan sekitarnya ada peningkatan agar penggunanya juga semakin meningkat dan memberikan kemudahan bermobilitas bagi masyarakat.

Selain kereta bandara, untuk mendorong transportasi massal perkotaan, Menhub mengatakan bahwa ke depan juga akan dioperasikan kereta api dari Stasiun Binjai-Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah sepanjang 88,55 km.

Kereta tersebut akan melewati sembilan stasiun, di antaranya Stasiun Binjai, Kuala Bingai, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebat, Pangkalan Brandan, Besitang, dan Sei Sirah, dengan total waktu tempuh kurang lebih 2 jam 38 menit serta kapasitas lintasan 65 kereta dan 530 orang per hari.

Turut hadir pada kunjungan kerja Menhub tersebut, yakni Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Lalu Lintas Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono, dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Medan Dedik Tri Istiantara.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi