Pemkab Palas Raih Opini WDP Atas LKPD TA 2022 

Pemkab Palas Raih Opini WDP Atas LKPD TA 2022 
Plt. Bupati Padanglawas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama ketua DPRD, Amran Pikal Siregar saat menerima LHP terhadap LKPD TA 2022 dari BPK RI perwakilan Sumut di Medan, Senin (29/5). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com,Sibuhuan - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) menerima opini wajar dengan pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut).

" Berdasarkan LHP BPK Perwakilan Sumut, Pemkab Palas memperoleh opini WDP," kata Plt Bupati Padanglawas, H. Ahmad Zarnawi melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Fajaruddin Haaibuan Selasa (30/5).

Dikatakan, bahwa yang diminta BPK terkait pengelolaan keuangan daerah telah diserahkan, tidak ada yang disembunyikan. " Namun penilaian BPK terhadap Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2022 menurun dengan opini WDP.," kata Fajar.

Dikatakan, Opini WDP itu diterima Pelaksana tugas (Plt) Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama ketua DPRD Padanglawas, Amran Pikal Siregar di Kantor BPK RI perwakilan Sumut di Medan, Senin (29/5) sekitar pukul 16.30 WIB.

Dikatakan, Pemkab Palas telah berusaha maksimal dalam menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Sekalipun Pemkab Palas sudah berbuat maksimal, dalam hal pengelolaan anggaran. Tetapi akibat penganggaran terjadi defisit dan menimbulkan gagal bayar sejumlah kegiatan.

Termasuk proyek fisik yang telah dilaksanakan pihak ketiga. Dan dengan terjadinya defisit anggaran serta gagal bayar sejumlah kegiatan.

" Sehingga akan menjadi beban APBD di tahun-tahun berikutnya," jelas Fajaruddin.

Ketua DPRD Kabupaten Padanglawas, Amran Pikal Siregar, berharap, agar Plt. Bupati Palas bersama jajarannya lebih maksimal bekerja meningkatkan kwalitas pengelolaan keuangan daerah.

" Bagaimanapun DPRD selaku perwakilan rakyat yang juga merupakan bagian dari pemerintah daerah tentu turut mendorong Pemkab Palas dalam meningkatkan pengelolaan keuangan daerah. Maka semua yang menjadi catatan harus segera ditindak lanjuti, kata Amran. (ats

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi