Info Haji 2023

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Ambil Miqat dari Bir Ali

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Ambil Miqat dari Bir Ali
Jemaah Haji Indonesia Ambil Miqat dari Bir Ali (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Madinah - Ribuan jemaah haji Indonesia dari 5 kelompok terbang (kloter) 01 Madinah mengambil miqat dari Masjid Bir Ali, Kamis (1/6). Pelaksanaan ini untuk umrah bagi jemaah yang akan melaksanakan haji dari Madinah menuju Makkah.

Kepala Sektor (Ka Sektor) Bir Ali PPIH Arab Saudi Aruji Maswatu menjelaskan, jumlah yang mengambil miqat pada hari pertama dua gelombang dengan jumlah lebih kurang 1.899 jemaah. Pada tahap pertama, keberangkatan dilakukan pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak 3 kloter. Sedangkan tahap kedua keberangkatan dilakukan pada pukul 16.00 WAS.

“Untuk antisipasi jemaah petugas ditempatkan sebanyak 20 orang. Sejak pukul 10.00, kami sudah stanby di Bir Ali untuk menyambut para duyufurahman,” terang Aruji.

Lebih lanjut dijelaskan, Bir Ali adalah tempat miqat makani bagi jemaah dari Madinah untuk melaksanakan haji dan umrah. Jemaah yang ada juga melakukan salat sunah tahiyatul masjid dua rakaat, ada juga salat sunah ihram dua rakaat. Setelah itu jemaah kembali didorong ke bus, dan di bus para jemaah dibimbing oleh ketua rombongan berniat umrah sebelum berangkat ke Makkah.

Selama di Bir Ali jemaah hanya diperbolehkan selama 20 menit, hal ini disebabkan mengurai antrean kepadatan parkiran di masjid. Sebab di Bir Ali itu sendiri tidak hanya jemaah Indonesia yang datang, tetapi seluruh negara.

“Maka dari itu kita mengimbau pada jemaah sejak dari hotel sudah mandi dan memakai kain ihram, sehingga di Masjid Bir Ali ini hanya untuk salat sunah dan niat ihram,” jelasnya.

Aruji kembali mengingatkan jemaah yang sudah berniat ihram sudah berlaku larangan ihram, diantaranya larangan itu tidak boleh menggunakan penutup kepala bagi yang laki-laki, kemudian tidak boleh memakai topi atau kopiah. Kemudian jangan sempat tidak sadar menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki.

Selanjutnya, kebiasaan dalam perjalanan jauh, jangan sempat mencabut jenggot dan mencukur kumis.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi